Graha Desa

DPMD Garut Sosialisasikan Pilkades di Garut Utara

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Pilkades) Serentak Tahun 2023 tingkat Kabupaten Garut di Kec. Malangbong, Selasa (17/01). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Garut – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2023 tingkat Kabupaten Garut, akan diselenggarakan pada bulan Mei mendatanga.

Sejalan hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Garut, laksanakan sosialisasi Pilkades di Kecamatan Malangbong, Selasa (17/01).

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Garut, sekaligus Ketua Panita Pilkades serentak Tahun 2023 tingkat kabupaten, H. Wawan Nurdin, sesuai amanat Kemendagri, bahwa penyelenggaraan Pilkades tidak mengganggu tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung tahun 2024 nanti.

Untuk itu, lanjut dia, Forkopincam dan Panitia Pilkades tingkat desa, selalu berkomunikasi dan berkoordinasi, sehingga jika muncul permasalahan dapat segera ditangani, apalagi kita sedang menghadapi Pemilu.

Wawan berpesan, jika ada bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang mendaftar, terlebih dahulu periksa kelengkapan berkasnya. “Salah satu persoalan yang muncul, adalah saat verifikasi ijazah Balon Kades,” jelas dia.

“Panitia Pemilihan Kabupaten, telah menyiapkan tim yang terdiri dari Dinas Pendidikan (Disdik) Garut dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Garut, untuk memverifikasi ijazah balon Kades,” ucap Wawan.

Permasalahan lainnya, kevalidan KTP ataupun KK yang menerapkan sistem tanda tangan elektronik (TTE). Maka untuk pengecekannya, Tim panitia kabupaten, melibatkan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut.

Tak lupa H. Wawan menekankan, agar Panitia Pemilihan di Tingkat Desa berkomitmen dan tidak ada tawar-menawar, bahwa pendaftaran balon kades harus lengkap persyaratannya.

“Para balon kades yang belum melengkapi persyaratan dan ketentuan yang ada, untuk tidak mendaftarkan terlebih dahulu ke panitia pemilihan tingkat desa,” pungkasnya.

Adapun sosialisasi Pilkades Gelombang II Tahap II Tahun 2023 sendiri dimulai sejak tanggal 17 Januari 2023 hingga 17 Februari 2023. Sementara pelaksanaan sosialisasi akan dilaksanakan di 38 kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades Serentak Tahun 2023 di 82 desa.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Nota Kesepakatan Koalisi Harus Ada Nama

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kemarin saat rapat DPC PDIP Perjuangan Garut, memberikan waktu… Read More

21 jam ago

Panwaslucam Pamulihan, Lounching Pojok Pengawasan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Unsur Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa sekecamatan Pamulihan Kabupaten… Read More

3 hari ago

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Garut Bersihkan Sungai Cikendi

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini, Dinas Lingkungan… Read More

3 hari ago

ATR/BPN Kab. Garut Siap Bertransformasi Sertifikat Tanah

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kementerian ATR/BPN mengubah sertipikat tanah menjadi sertipikat elektronik (sertipikat… Read More

5 hari ago

Desa Rancasalak Garut Juara I Lomdeskel Jawa Barat 2024

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, berhasil meraih Juara… Read More

5 hari ago

KPU Kabupaten Garut Jalin Kerjasama Dengan Jurnalis Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Guna menjalin kerjasama dengan jurnalis se-Kab. Garut, KPU Kabupaten… Read More

7 hari ago