Bhakti Karya Praja 1.089 Orang Satuan Praja Utama IPDN Berhasil Oftimalisasi Webdesaku Purwakarta

Share posting

Oleh: Nurlaela

Kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) Satuan Praja Utama IPDN. (Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

grahabignews, Purwakarta – Sejak tanggal 5 hingga 18 September 2023 (14 hari) kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) dilakukan sebanyak 1.089 orang satuan praja utama IPDN telah berhasil membantu optimalisasi Webdesaku di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Kini, seluruh desa yang jumlahnya 138 telah menjalankan Webdesaku.

Senin (18/9/2023) Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M yang hadir dalam upacara penutupan BKP di Bale Sawala Yudhistira Pemerintah Kabupaten Purwakarta perihal kegiatan BKP yang dilakukan praja, dikatakannya terjadi peningkatan yang signifikan sebesar hampir 300% desa yang sangat aktif menjalan program Webdesaku.

“Awalnya sebelum kegiatan BKP ini implementasi Webdesaku di 138 Desa dan 13 Kecamatan, ada 15 Desa tidak aktif (11%), aktif 116 desa (84%), dan sangat aktif 7 desa (5%). Setelah dibantu praja semua desa (138 desa) aktif menjalankan program ini,” terang Hadi Prabowo.

Beberapa inovasi dan kemajuan yang diberikan praja IPDN terkait program Webdesaku, diantaranya memperbaiki permasalahan data dan profil desa yang ada di seluruh Pemkab Purwakarta.

“Jadi seluruhnya mampu menayangkan semua berita terkait desa serta mengoptimalkan aspek publikasi untuk membantu mempromosikan pengelolaan dan potensi desa-desa tersebut,” kata Hadi.

“Perubahan signifikan dalam program Webdesaku terlihat nyata dengan data yang didapat. Misalnya data profil desa yang tadinya 16,3% menjadi 46%, produk-produk desa yang ditampilkan di e-commerce data awal 22,69% menjadi 99,54%, wisata desa di e-commerce dari 1,85% menjadi 7,15%. Peningkatan juga terlihat dari tampilan berita yang awalnya 39,70% menjadi 127,3% dan youtube dari 21,3% menjadi 31,3%,” imbuhnya.

Kegiatan BKP kali ini, salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan secara rutin oleh IPDN. “Untuk tahun ini, BKP dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta. Salah satu tujuan utamanya yakni untuk membantu Pemkab Purwakarta mewujudkan data base desa melalui Webdesaku dalam rangka percepatan pembangunan desa,” ucapnya.

“Alhamdulillah selama pelaksanaan BKP, semua berjalan lancar, aman dan baik. Ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara Ibu Bupati beserta jajarannya yang telah berkenan menjadikan wilayah Kabupaten Purwakarta sebagai lokasi kegiatan dan Anak-anak ku praja utama, panitia pelaksana dan masyarakat Kabupaten Purwakarta yang telah bekerja sama dalam setiap kegiatan yang dilakukan,” jelasnya.

Selain mengoptimalisasikan Webdesaku, praja utama IPDN berpartisipasi langsung dalam berbagai program desa tempat mereka melaksanakan BKP, diantaranya melakukan program pembangunan desa, program pemberdayaan masyarakat dan ekonomi, serta program pelayanan dan pengelolaan pemerintahan desa.

“Semoga apa yang telah didapat oleh para praja di lapangan selama melaksanakan kegiatan BKP ini dapat menjadi pengalaman dan bekal dalam menjalankan tugasnya kelak dimanapun mereka mengabdi,” tuturnya.

Apresiasi tinggi juga diberikan oleh Ibu Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, S.E kepada Rektor IPDN beserta jajaran dan khususnya praja IPDN yang telah memberikan kontribusi tinggi kepada Pemkab Purwakarta.

“Kegiatan ini terbukti nyata memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan desa di Purwakarta.Tentu sangat membantu dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Purwakarta terutama terkait aplikasi Webdesaku,” ucap Bupati.”Takjub melihat capaian maksimal yang terlihat atas penggunaan program Webdesaku,” ucap Bupati.

“Semuanya berkat kerja keras praja IPDN. Apa yang telah dibuat oleh adik-adik praja ini harus dapat dipertahankan oleh perangkat desa, sehingga nantinya Webdesaku dapat menjadi jendela informasi terkait Pemkab. Purwakarta,” harap Bupati

Piagam penghargaan dan 3 sepeda sebagai hadiah kepada 3 kelompok praja IPDN terbaik disampaikan Bupati di kesempatan tersebut.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *