Bhabinsa Desa Sukawangi Dan Koramil 1004/Tanjungsari Serta Kodim 0610/Sumedang Usai Gelar Giat Karya Bhakti

Share posting

Oleh : Ghani & Abah Cecep

 

Sumedang – Kamis (13/02) Kita tahu, bahwa banyak musibah yang sering terjadi pada musim hujan, baik yang disebabkan oleh faktor alam seperti bencana alam ataupun dari faktor individu yaitu jatuh sakit akibat lingkungan yang tidak bersih dan tidak terawat.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi musibah maka kita harus melakukan tindakan preventif, yaitu dengan menjaga kondisi tubuh kita dan keluarga sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit, atau dengan membersihkan lingkungan sekitar kita dari genangan air agar tidak terjadi wabah penyakit, juga membersihkan selokan yang tidak lancar akibat penumpukan sampah dan pendangkalan dasar selokan dengan tujuan selain menghindari perkembangbiakan nyamuk, juga menghindari bencana banjir akibat selokan yang tidak berfungsi dengan baik.

Dalam mengantisipasi bahaya tersebut, Bhabinsa Desa Sukawangi Serka Ateng dan anggota Babinsa lainnya dari koramil 1004/Tanjungsari  Kodim 0610/Sumedang melaksanakan giat karya bhakti dengan forkopincam Pamulihan, Kepala Desa Sukawangi, ketua RT/RW dan warga masyarakat membersihkan rumput di kanan kiri jalan poros Desa dan membersihkan parit/selokan yang masih tersumbat dan akan di pasang gorong – gorong untuk memperlancar aliran air di lingkungan pemukiman. Untuk antisipasi ketika nanti datang musim hujan, tidak terjadi luapan air dan menjaga kebersihan lingkungan untuk wilayah sekitarnya. Rabu(12/02).

 

Tujuan di selenggarakannya Karya Bhakti ini, yaitu untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang Hijau, Bersih dan Sehat serta mengingat ketika musim penghujan tiba di kawatirkan terjadi banjir, Kegiatan Karya Bhakti adalah wujud nyata kemanunggalan TNI-rakyat,” hal tersebut disampaikan Serka Ateng kepada Grahabignews.com disela- sela kegiatan.

Sebut Serka Ateng, “selain mengantisipasi bencana banjir kegiatan ini juga untuk membasmi bibit- bibit penyakit yang bersarang di tempat-tempat yang kotor, karena ketika sebuah Desa itu bersih dan hijau, maka Masyarakat pun akan nyaman ketika beraktifitas,” jelasnya.

Bhabinsa Desa Sukawangi Dan Koramil 1004/Tanjungsari Serta Kodim 0610/Sumedang Usai Gelar Giat Karya Bhakti (foto oleh Ghani-grahabigmews.com)

Hal senada diungkapkan, Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Inf Dedi Ruanto, “Menjadi Seorang Babinsa harus berada ditengah – tengah Masyarakat serta harus mampu berbaur dengan masyarakat Desa binaannya, sehingga diharapkan dapat memecahkah permasalahan Masyarakat yang sedang dihadapi. Selain itu Babinsa merupakan Garda terdepan satuan kewilayahan yang langsung berhubungan dengan Masyarakat,” tuturnya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan Gotong Royong Babinsa dengan Masyarakat di Desa Binaanya. Sehingga menumbukan kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara kita, serta merupakan Budaya Bangsa Indonesia dalam rangka memelihara kebersihan lingkungan sekitar,” pungkas Danramil Tanjungsari.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *