Kesigapan PUPR Tangani Bencana Longsor di Wil. Cikajang

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Ka. UPT PUPR Kec. Cikajang, Mulyadi Ikut Mengatur Lalu Lintas Saat Terjadi Longsor. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Material longsor berupa bebatuan di kawasan KM Bandung 108+500, tepatnya Desa Kp. Sodong Karamatwangi Kec Cikajang mengakibatkan kemacetan sepanjang kurang lebih 2 km. kejadian terjadi, Selasa (25/02) pukul 16:00 wib.

Dikatakan Ka. UPT PUPR Kec. Cikajang, Mulyadi kepada GrahaBigNews menjelaskan, setelah mendapat informasi dari pihak desa, maka langsung berkoordinasi dengan pihak PUPR Prov. Jawa Barat dan PUPR Kab. Garut.

“Alhamdulillah respon cepar dari PUPR provinsi dengan segera menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian, sehingga selang dua jam dari kejadian, tepatnya pada pukul 18:15 wib, material longsoran sudah dapat ditangani,” ungkap dia.

Penanganan Bencana Longsor di Wil. Kec. Cikajang Kab. Garut. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Longsoran yang menutup jalan jalur Garut-Cikajang-Pameupeuk sepanjang 8 meter dengan ketinggian 6 meter. Eksesnya, jalur jalan itu tertutup total sehingga terjadi antrian kendaraan mencapai 2 kilo meter. “Kami hanya membantu saja, karena ruas jalan tersebut adalah kewenangan pihak PUPR Propinsi,” jelas Mulyadi.

Saat penanganan, papar dia, dikerjakan bersama masyarakat, PUPR provinsi dan UPT Cikajang, Muspika, serta 3 pilar Desa karamatwangi dan intansi terkait lainnya. Dengan bantuan satu unit alat berat, material longsoran dapat dibersihkan dalam kurun waktu dua jam.

Diakui Ka. UPT, bahwa Desa Karamatwangi merupakan daerah rawan longsor karena tofografi yang pegunungan. Bahkan akibat intensitas akhir-akhir ini yang relative tinggi, sudah terjadi bencana longsor sebanyak 4 kali.

Ka. UPT menghimbau khususnya bagi pengendara agar selalu berhati-hati saat melintasi kawasan tersebut, apalagi sekarang musim hujan. “Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi, khawatir terjadi lagi longsor yang dapat memgundang kecelakaan,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *