PUPR Garut Cepat Tangani Longsor Singajaya Dengan Alat Berat

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

tengah: Ka. Upt PUPR Kec. Singajaya, Darya Darsono. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Selasa sore hingga malam, Selasa (07/04) Kab. Garut di guyur hujan deras yang mengakibatkan terjadi banjir dan pergerakan tanah di beberapa lokasi. Salah satu di Kec. Singajara, yaitu musibah pergerakan tanah (longsor) yang menutupi jalan kabupaten sampai puluhan meter.

Material Longsoran Tutup Total Ruas Jalan Kabupaten. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Menurut Ka. Upt PUPR Kec. Singajaya, Darya Darsono menyebutkan, bahwa kejadian pergerakan tanah sekitar pukul 03:00 WIB akibat hujan deras. Eksesnya jalan kabupaten tertutup total, baik untuk roda dua maupun roda empat, sehingga memerlukan alat berat.

Penanganan Losoran, PUPR Garut Datangkan Alat Berat. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

“Lokasi longsoran terjadi di 2 titik yang menutupi jalan kabupaten, tepatnya di Kp. Batu Nunggul Desa Ciudian Kec. Singajaya sepanjang 40 meter dengan ketinggian 4 meter. Lantas, jalan penghubung Singajaya menuju Peundeuy sepanjang 15 meter dan tinggi 2 meter,” jelasnya.

Material Longsoran Sampai ke Permukiman. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Diakui Ka. UPT, pihak Dinas PUPR Ka. Garut bergerak cepat setelah kami melaporkan kejadian tersebut dengan mendatangkan alat berat (beko) untuk melakukan penanganan.

PUPR Garut Bersama Forkopincam serta warga berjibaku bersihkan longsoran. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Alat berat sampai ke lokasi berkisar pukul 10:00 WIB sehingga selepas Dhuhur untuk lokasi pertama sudah terbuka dan menuju penanganan di lokasi ke dua.

Material Longsoran Sampai ke Permukiman. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Saat pembersihan material longsoran dari ruas jalan, Dinas PUPR dibantu oleh Pemerintah Kecamatan, aparat TNI dan POLRI serta masyarakat sekitar. Dengan keterlibatan forkopincam Singajaya serta warga, maka setelah Dhuhur lokasi pertama sudah terbuka, berlanjut ke lokasi ke dua.

PUPR Garut Bersama Forkopincam serta warga berjibaku bersihkan longsoran. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

“Bagi pengguna jalan, saat melewati jalan Singajaya-Peundey jangan berhenti di sekitar tebing, apalagi jika turun hujan karena khawatir terjadi lagi longsor,” himbau Darya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *