Luar Biasa !!! Webinar Hari Pramuka ke 59 dan HUT RI Ke 75 Kwarran Banyuresmi Tahun 2020 Selain Diikuti Pribumi, Anggota Luar Kab. Garut Juga Turut Serta

Share posting

Oleh : Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd. & Wishnoe Ida Noor

Luar Biasa !!! Webinar Hari Pramuka ke 59 dan HUT RI Ke 75 Kwarran Banyuresmi Tahun 2020 Selain Diikuti Pribumi, Anggota Luar Kab. Garut Juga Turut Serta (foto DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Garut – Berdasarkan data yang masuk ke Redaksi GrahaBigNews, Sabtu (22/08) melalui Kak Andri Fitriyana Wijaya dan   Riski Amelia Selaku Panitia pelaksana   yang menjadi inisiator pada kegiatan Webinar Hari Pramuka ke-59 dan dalam rangk memperingati HUT RI Ke-75, kegiatan tersebut berlangsung sukses, tidak hanya diikuti oleh wilayah Kwarran Banyuresmi saja, melainkan oleh Kecamatan Cilawu, Cisewu, Tarogong, Cikajang, dan  di luar Kabupaten Garut, yaitu Tasikmalaya, Banjar, Riau, Bandung dan lainnya.

Tentu saja hal ini patut diapresiasi, mengingat antusiassisme para peserta pada kegiatan tersebut, sangat luar biasa dengan tema “Eksistensi Pramuka Banyuresmi dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

Secara deskriftif, Kak Andri Fitriyana Wijaya dan   Riski Amelia Selaku Panitia pelaksana  menjelaskan, bahwa, Webinar Hari Pramuka ke 59 dan HUT RI Ke 75 Kwarran Banyuresmi yang diselenggarakan oleh Kwarran Banyuresmi yang di motori oleh DKR Banyuresmi ini dilaksanakan pada hari Jum’at, (21/08/2020).

Andri Fitriyana Wijaya, selaku Moderator (foto DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Acara tersebut kata Kak Andri, bertujuan untuk bersilaturahmi sesama anggota pramuka terutama pramuka yang berpangkalan di PAUD, RA, SLB, SD/ MI, SMP / MTs, SMA, SMK dan MA baik itu golongan Siaga, Penggalang, Penegak, pandega dan Pembina sehingga dapat menambah wawasan peranan pramuka yang diangkat tema “Eksistensi Pramuka Banyuresmi dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

Ketua Pelaksana, Riski Amelia (foto file DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Lebih lanjut Kak Andri mengatakan, bahwa meskipun awalnya webinar ini khusus untuk Kwarran Banyuresmi, tetapi terdapat dari Kwarran lain, seperti Cilawu, Cisewu, Tarogong, Cikajang dll. Bahkan terdapat dari luar Kab. Garut, yaitu Tasikmalaya, Banjar, Riau, Bandung dll sehingga peserta pun lebih dari 100 orang yang berpartisifasi dalam giat ini ujar Riski Amelia Selaku Panitia pelaksana yang juga merupakan Ketua DKR Banyuresmi yang nota benenya adalah mahasiswa IPI Garut.

Kepala Puskesmas Bagendit, Kak Drs. Kadar Wilasmana, SKM., M.Si., (foto DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Pembicara pada kegiatan ini terdiri, dari Kak H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si., Camat Banyuresmi, Kak  Kompol Drs. H. Krisna Irawan, Kapolsek Banyuresmi, Kak Kapten Inf. Enjang Sentana, Danramil Banyuresmi, Kak  Ma’mun Gunawan, S.Ag., Ketua PGRI Banyuresmi, Kak Wawan Walim, S.H., M.MPd., Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi, Kak Drs. Kadar Wilasmana, SKM., M.Si., Kepala Puskesmas Bagendit,  dan Kak Enduh Yayat, S.Pd., Ketua Kwarran Banyuresmi yang di pandu oleh Kak Andri Fitriyana Wijaya, S.Pd, MM, MT.,  Andalan Pramuka T/D yang berasal dari Gudep SMK Al Ghifari Banyuresmi  bersama Kak Sindi Yani, DKR Banyuresmi / Mahasiswa IPI Garut.

Kak H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si (foto file DKR Banyuresm-grahabignews.com)

 

Kak H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si  sangat mengapresiasi kegiatan ini karena Saat ini pramuka dituntut eksistensi dan perannya secara pribadi maupun kelembagaan dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19, dengan cara menerapkan kedisiplinan yang sebenarnya sudah terbiasa dilatih di Pramuka, hanya saja sekarang lebih kepada protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya.

Danramil 1110 Banyuresmi, Kak Kapten Inf. Enjang Sentana. (foto file DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Kak Kapten Inf. Enjang Sentana  mengatakan, bahwa  Sebenarnya ada 3 komponen masyarakat yang harus terjun untuk mencegah atau menangani ancaman yang masuk baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yaitu TNI sebagai komponen utama, rakyat yang sudah dilatih bela negara sebagai komponen cadangan, dan Seluruh warga Negara Republik Indonesia sebagai komponen pendukung lainnya. kemudian dalam penanggulangan covid 19 ini sudah seharusnya bahkan wajib untuk semua lapisan masyarakat bergerak dan berpartisipasi. Dan yang harus dilakukan oleh kakak – kakak Pramuka tentunya membantu seluruh program penanggulangan covid yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Saya berharap kakak – kakak dari gerakan pramuka kwaran banyuresmi dapat berpasrtisipasi dalam pelaksanaan program swab massal untuk masyarakat Banyuresmi, juga tetap waspada dengan melaksanakan protokol kesehatan dan jangan sampai lalai juga tetap berdo’a agar covid bisa segera di cabut oleh Allah SWT. Ujar Kak Drs. Kadar Wilasmana, SKM., M.Si yang juga merupakan Mabisaka Bakti Husada”, ujar Kak Kapten Inf. Enjang Sentana.

Kak Wawan Walim, S.H., M.MPd. , Koorwil Bantyuresmi. (foto file DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Sementara Kak Wawan Walim, S.H., M.MPd., menghimbau, agar pihak sekolah harus tetap mengikuti prosedur dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pusat, kemudian pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan di zona tertentu yaitu zona hijau dan kuning, namun jika wilayah tersebut status zona nya berubah menjadi merah atau orange maka pembelajaran tatap muka harus dihentikan.

Kapolsek Banyuresmi Kak Kompol Drs. H. Krisna Irawan menandaskan, didampingi Kak Ade Yusuf Romadhon selaku Bhabinkamtibmas. (foto file DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Kapolsek Banyuresmi Kak  Kompol Drs. H. Krisna Irawan  menandaskan, didampingi Kak Ade Yusuf Romadhon selaku Bhabinkamtibmas mengatakan,  “saya berharap Gerakan Pramuka Banyuresmi dapat tetap eksis dengan membantu program penanggulangan Covid – 19 di lingkup Kecamatan Banyuresmi terutama yang tergabung di Saka Bayangkara juga”.

Kak Enduh Yayat, S.Pd. selaku Ketua Kwarran Banyuresmi. (foto file DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Kak Enduh Yayat, S.Pd. selaku Ketua Kwarran Banyuresm pada kesempatan tersebut  mengucapkan Terima kasih kepadaa seluruh pemateri yang telah berkenan memberikan ilmu dan arahannya, dan juga para peserta yang sudah antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan adanya webinar ini kita dapat sama – sama bekerjasama dalam meanganggulangi Covid 19 serta tetap mencintai negara Republik Indonesia sebagai bentuk Bela Negara.

Kak Susi Liawati, M.Pd., selaku andalan Kwarran dan Kwarcab serta anggota PGRI Banyuresm. (foto DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

Kak Susi Liawati, M.Pd. dan juga merupakan anggota PGRI, mengatakan bahwa, dirinya  selaku andalan Kwarran dan Kwarcab Garut sangat mengapresiasi kegiatan Webinar yang dilaksanakan oleh DKR Banyuresmi sebagai wujud eksistensi Pramuka banyuresmi di tengah – tengah pandemi.

“Saya berharap kakak – kakak dapat menjadi tauladan bagi lingkungan sekitar, dimana pramuka memiliki bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. Selanjutnya kita harus senantiasa meningkatkan iman, ilmu dan amal agar bisa berkiprah dimasyarakat”, ujarnya.

Andri Fitriyana Wijaya, selaku Moderator (foto DKR Banyuresmi-grahabignews.com)

“Saya Andri Fitriyana Wijaya bersama Kak Sindi Yani selaku moderator serta segenap panitia Webinar, mengucapkan terimakasih kepada Para pembicara dari semua unsur terutama kepada Koramil 1110 Banyuresmi yang menjadi media center kegiatan ini yang menyediakan jaringan internet / wifi untuk kegiatan bakti masyarakat untuk pembelajaran daring, serta tak lupa kami ucapkan banyak terikasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya pada kegiatan ini baik yang di wilayah kecamatan banyuresmi, maupun yang di luar banyuresmi baik kecamatan, kab/kota, provinsi banhkan pulau”, ucapnya.

Diakhir penjelasannya Kak Andri berharap, mudah-mudahan apa yang telah disampaikan oleh pembicara dapat bermanfaat bagi kita semua. Serta bisa melaksanakan harapan kita sesuai tema Eksistensi Pramuka Banyuresmi dalam Penanggulangan Bencana Covid 19 dan Bela Negara Aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *