Personil PUPR Terpaksa Menyelam Angkat Sampah dan Balok

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

(jaket merah) Kasie Konservasi dan Pengembangan SDA, Beny Nugraha Saat Melakukan Penganganan di Jl. Siliwangi Kel. Regol Kec. Garut Kota, Kamis (18/02). (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Tingginya intensitas hujan dengan durasi yang lama, Kamis (18/08) menyebabkan banjir di wilayah kecamatan Garut Kota. Banjir berasal akibat luapan air yang berasal dari drainase jalan yang tersebar di empat (4) titik.

Diakui Kasie Konservasi dan Pengembangan SDA pada Bidang SDA Dinas PUPR Garut, Beny Nugraha, bahwa ketika hujan deras dengan durasi lama, di wilayah perkotaan memang kerap terjadi luapan air ke jalan raya.

Personil PUPR Terpaksa Menyelam Untuk Mengangkat Sampah dan Balok. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Menurutnya, luapan air terjadi di sepanjang drainase jalan di jalan Cikuray di 4 titik, mulai persimpangan jalan Ranggalawe hingga persimpangan persimpangan Ceplak.

“Penyebabnya bukan karena drainase tidak mampu menampung air, akan tetapi akibat bertumpuknya sampah rumah tangga, balok kayu dan saluran yang berbelok serta ukuran bak kontrol yang berbeda,” jelas Kasie kepada GrahaBgNews di lokasi.

Air Meluap ke Jalan dari drainase di Jl. Cikuray Kel. Regol Kec. Garut Kota. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

Penyebab lainnya, tambah Beny, karena adanya penutupan sebagian bak kontrol yang ditutup oleh warga untuk keperluan jalan masuk toko, warung maupun café.

Adapun pengangan yang dilakukan, dirinya bersama Ka. UPT PUPR Kec. Garut Kota, H. Undang Hermawan dan jajarannya melakukan pengangkatan sampah serta balok kayu dari dalam drainase.

Air Meluap ke Jalan dari drainase di Jl. Siliwangi Kel. Regol Kec. Garut Kota. (Photo: Istimewa – grahabignews.com)

“Penanganan paling berat yaitu di persimpangan Pasar Ceplak, karena dengan ketinggian 1,4 meter sehingga seorang personil menyelam untuk mengambil sampah dan balok,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *