Yonif Raider 301/Pks Bina Sumberdaya dan Kesiapan Prajurit

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

kegiatan Binsiap Apnon Kowil Yonif R 301/Pks, Senin (29/3/2021). (Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Sumedang – Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kiansantang Sumedang, menggelar kegiatan pembinaan kesiapan Aparat Non Komando Kewilayahan bagi para prajuritnya, yakni di Aula S. Herdiman, Senin (29/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, para anggota diberi pembekalan tentang Sikap Teritorial bagi Aparat Non Komando Kewilayahan, yaitu tentang sikap teritorial, lima kemampuan teritorial dan tiga metode Binter di Satuan Yonif R 301/Pks.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Kemudian Pola Sikap dan perilaku masyarakat yang ada disekitaran desa binaan Yonif R 301/Pks dan Langkah dan tindakan dalam meningkatkan kesadaran untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Pasi Puanter Rem 062/Tn, Mayor Inf Ikeu Masrika, Kades Tarunamanggala Hendrik, beserta Seksi Promkes Dinkes Sumedang Evy Rosvianty S.Km.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Dalam keterangannya, kepada awak media,  Komandan Kompi Senapan B Kapten Inf Titis Rahman Sandi, sebagai Perwira tertua pada kesempatan tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan Binsiap Apnon Kowil merupakan kegiatan program yang digelar Batalyon Infanteri Raider 301/Pks setiap triwulanan.

“Hal ini, untuk memelihara dan meningkatkan sumber daya dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan Binter terbatas satuan tempur,” ungkapnya.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Menurutnya, upaya ini sebagai usaha untuk meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan prajurit saat melaksanaan tugas pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara terbatas di sekitar wilayah binaan Yonif Raider 301/Pks.

Dalam kata lain, sebutnya, giat ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh anggotanya dapat menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apnon Kowil, serta memiliki bekal dalam langkah dan tindakannya di saat melaksanakan tugas.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Hal senada, disampaikan Danyonif Raider 301/Pks Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, ditempat terpisah, menuturkan, bahwa kegiatan kali ini untuk merefresh dan mengingat kembali materi-materi teritorial.

“Kedepannya semua anggota, diharapkan dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab, tanpa ada keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas dilapangan,” tegasnya.

(Foto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Danyonif juga berharap, penyelengaraan Binsiap Apnon Kowil ini, dapat lebih optimal, efektif dan efisien. “Dalam penyelengaraan dan acuan pelaksanaannya, harus dapat meningkatkan kemampuan prajurit guna melaksanakan, menjabarkan, dan mensosialisasikan fungsi Binter tersebut,” harapnya pula.

Sehingga, tambah Wahyu (yang sebentar lagi akan menyandang pangkat Letnan Kolonel), melalui kegiatan ini pula akan terwujud Prajurit yang memiliki Mental, Disiplin, Semangat, Tangguh dan Profesional serta dapat berintegrasi dengan komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb. fteknikuniga. ac. id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *