Jajaran Kodim 0610/Sumedang Bersama PMI Gelar Bhaksos Donor Darah

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

Jajaran Kodim 0610/Sumedang Bersama PMI Gelar Bhaksos Donor Darah (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang – Jajaran Kodim 0610/Sumedang bekerja sama dengan PMI Sumedang menggelar kegiatan bhakti sosial donor darah, dalam rangka memperingati hari Donor Darah Sedunia tahun 2021, yakni di Aula Juang Apet Makodim 0610/Sumedang, Rabu (16/06/2021).

Selain anggota Subdenpom, Densub Zibang dan anggota TNI/ PNS Kodim 0610/Sumedang, kegiatan tersebut diikuti pula Minvetcad, Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXI dim Sumedang, GM FKPPI, Pemuda Pancamarga, Ormas PP, dan Saka Wira Kartika Kodim 0610/Sumedang sejumlah 170 orang.

Jajaran Kodim 0610/Sumedang Bersama PMI Gelar Bhaksos Donor Darah (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Dikatakan Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E., M.Si melalui Pasiter Kodim Kapten Inf Dede Baharudin, bahwa hari Donor Darah Sedunia oleh World Health Organization (WHO) diperingati pada setiap tanggal 14 Juni, kemaren.

“Penetapan hari tersebut sebagai salah satu aksi kemanusiaan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya donor darah bagi kesehatan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam peringatan kali ini mengusung tema “Give Blood and Keep the World Beating” atau “Berikan darah dan jaga agar Dunia tetap berdetak.”

“Bagi kami peringatan hari Donor Darah Sedunia merupakan bentuk apresiasi kepada para pendonor rutin yang telah secara sukarela memberikan darahnya, serta ajakan bagi para pendonor pemula untuk membantu mencukupi ketersediaan stok darah di UTD PMI Kabupaten Sumedang,” tuturnya pula.

Lebih lanjut, kata Pasiter, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, peringatannya merupakan momentum untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dengan tetap mempertahankan kesehatannya, agar dapat mendonorkan darah yang sehat.

“Dalam kepeduliannya terhadap lingkungan, Saya juga selalu berikan imbauan memperhatikan prokes agar tetap sehat dan nyaman, hingga dapat ikut serta dalam mengurangi penularan infeksi Covid-19,” tandasnya.

Terpantau, pendonor yang tidak memenuhi syarat sebanyak 107 orang, dikarenakan tensi darah tinggi dan HB rendah. Adapun dari sejumlah 73 labu darah yang diperoleh, dengan golongan darah A sebanyak 25 labu, golongan darah B sebanyak 24 labu, golongan darah AB sebanyak 9 labu, dan golongan darah O sebanyak 15 labu.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *