Lapang Tembak dan Barak Dalmas, Wujud Kontinuitas Peningkatan Kualitas SDM Polri

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto Saat Memberikan Sambutannya, Selasa (24/08). (Foto: Ghani Purnama – garahabignews.com)

Sumedang – Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto resmikan Lapang Tembak dan Barak Dalmas Wicaksana Laghawa yang merupakan tempat isoman serta Ruang kerja, Selasa (24/08/2021).

Selain Kapolres, hadir pula Wakil Bupati Erwan Setiawan, beserta Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa, Danyonif R-301/PKS Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi, Kajari dan Ketua PN Sumedang, Ka Lapas, Subden POM III/2-1 Sumedang, BPN Sumedang, PS Subden Gegana Polda Jabar, para PJU, para Perwira, Bhayangkari beserta para Kapolsek Jajaran Polres Sumedang.

Dikatakan Kapolres, bahwa Barak Dalmas Wicaksana Lagwa selain merupakan ruang kerja, juga berfungsi sebagai tempat isoman terkendali Covid-19.

Pelaksanaan Gunting Pita Oleh Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto. (Foto: Ghani Purnama – garahabignews.com)

“Alhamdulillah, hari ini kami melengkapi fasilitas berupa lapangan tembak dan Barak Dalmas, sebagai wujud atas kontinuitas peningkatan kualitas SDM Polri,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan hadirnya Lapangan tembak Wicaksana Laghawa, para personel bisa berlatih menembak, dan akan melewati tahapan Uji Kompetensi dalam menembak.

“Semoga, dengan seringnya berlatih kedepannya tidak ada lagi peristiwa ‘Salah Tembak’ yang dilakukan oleh anggota dalam menegakkan hukum, melindungi dan mengayomi masyarakat,” harap Eko.

(Foto: Ghani Purnama – garahabignews.com)

Selain itu, lapangan tembak ini juga akan di dedikasikan bagi peningkatan kegiatan olahraga menembak oleh elemen masyarakat dibawah naungan Perbakin.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, banyak manfaatnya juga dari olah raga menembak ini. Selain memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, meredakan stress/depresi , melatih otak agar meningkatkan focus, meningkatkan ketajaman mata dan sarana bersosialisasi,” terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, bahwa pembangunan Barak Dalmas pun memiliki multi fungsi. Sebagai akomodasi bagi para personel agar mudah dan cepat untuk dikerahkan apabila terjadi gangguan Kamtibmas yang membutuhkan pasukan pengurai massa reaksi cepat.

(Foto: Ghani Purnama – garahabignews.com)

“Sedangkan di era pendemi ini, Barak Dalmas pun bisa di standby-kan sebagai lokasi isolasi terpusat. Apabila sewaktu-waktu terjadi peningkatan kasus aktif, bisa digunakan guna mendukung kinerja Satuan Tugas Penanganan Covid- 19 Kabupaten Sumedang.

”Saya mengingatkan beberapa point yang saat ini tengah hangat menjadi perhatian kita bersama, diantaranya tentang pentingnya penegakkan Prokes yang dimulai dari kesadaran individu,” tuturnya.

“Mari kita persiapkan bersama bilamana pendemi ini bertahan lama dalam kehidupan kita. Bahkan beberapa Negara menganggap Covid- 19 akan bertahan selamanya mengiringi peradaban Manusia,” kata Eko pula.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *