Pentingnya Intelegen Dalam Laporan Kewaspadaan Dini

Share posting

Oleh: Wishnoe Ida Noor

Letda Inf. Agus Purwadi dari Kodim 0611/Garut selaku Nara Sumber. (Foto: Wishnoe Ida Noor – grahabignews.com)

Garut – Secara etimologi informasi berasal dari bahasa Perancis yaitu Informacion yang memiliki arti konsep, ide, atau garis besar. Informasi merupakan data yang telah diproses dan diolah untuk tujuan tertentu.

Hal tersebut disampaikan Letda Inf. Agus Purwadi dari Kodim 0611/Garut selaku Nara Sumber dalam Acara Sosialisasi Sistem Informasi Intelegen yang di gelar Kesbangpol Kab. Garut di Bukit Alamanda & Resort kawasan Jalan Raya Samarang.

baca juga: https://grahabignews.com/2021/11/23/kesbangpol-kab-garut-tingkatkan-intelegensi-fkdm/

Dalam pemaparannya, Letda Inf. Agus Purwadi menyampaikan terkait dasar-dasar laporan kewaspadaan dini masyarakat, diwali dengan pengertian informasi secara etimologi berdasarkan George H. Bodman (2000:1).

Iwan Selaku Pembawa Acara Sosialisasi Sistem Informasi Intelegen. (Foto: Wishnoe Ida Noor – grahabignews.com)

Sambungnya, teori informasi menurut George, adalah fakta yang masuk bersifat mentah atau belum diproses, setelah mengalami pengolahan data tersebut bisa menjadi informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Informasi adalah sebuah data yang di oleh, sehingga dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat,” jelas Letda Inf. Agus Purwadi.

Adapun tujuannya, sebut dia, yaitu untuk menghasilkan sebuah keputusan informasi, meskipun informasi tidak bisa dipisahkan dengan data, akan tetapi keduanya memiliki arti yang berbeda.

Para Peserta Sosialisasi Sistem Informasi Intelegen. (Foto: Wishnoe Ida Noor – grahabignews.com)

Intinya, tandas Agus, dalam menyikapi suatu kejadian atau peristiwa, dilakukan terlebih dahulu identifikasi objek yang menjadi akar permasalahannya, apa, siapa, dimana dan bagaimana.

Perlu diketahui, masih kata dia, bahwa pengilahan data ke intelejenan adalah subjektif, berbeda dengan pemberitaan bagi jurnalis di konsumsi untuk public.

“Pengolah informasi itu sangat penting dan aplikasinya tergantung bagaimana kita memposisikannya,” pungkas Agus.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *