PT Pupuk Indonesia (Persero) Gelar Teknologi Penyemprotan Pupuk Organik Cair Phonska Oca Dengan Drone Pertanian Bersama Petani Di Kab. Garut

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Abah Cecep & Wishnoe Ida Noor

PT Pupuk Indonesia (Persero) Gelar Teknologi Penyemprotan Pupuk Organik Cair Phonska Oca Dengan Drone Pertanian Bersama Petani Di Kab. Garut (foto oleh Abah Cecep-grahabignews.com)

Garut –  PT Pupuk Indonesia (Persero) perusahaan Agrosolusi Untuk Indonesia bersama anggota holdingnya melakukan penyemprotan pupuk menggunakan drone. Kegiatan penyemprotan ini hasil kerjasama dengan TodayTech selaku penyedia Drone Pertanian dari Yogyakarta.

Acara penyemprotan pupuk organik cair Phonska OCA ini dilaksanakan di 14 kabupaten yang tersebar di 3 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Vice President Penjualan Wilayah Region 3A Pupuk Indonesia, Aviv Ahmad Fadhil. (foto oleh Rudi Herdiana-grahabignews.com)

“Jadwal pelaksanaan perdana pada tanggal 17 November atau hari ini di Tuban dan Demak,” kata Vice President Penjualan Wilayah Region 3A Pupuk Indonesia, Aviv Ahmad Fadhil.

Kegiatan teknologi penyemprotan pupuk organik cair Phonska OCA dengan menggunakan drone pertanian pada komoditas padi saat ini dilakukan di Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Beni Yoga Guna Santika, MP.,   melalui Kabid Ketahanan Pangan, Dati Widyawati, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa, dan para petani, Selasa (30/11/2021).

Vice President Penjualan Wilayah Region 3A Pupuk Indonesia, Aviv Ahmad Fadhil ketika memberikan sambutan pada acara Gelar Teknologi Penyemprotan Pupuk Organik Cair Phonska Oca Dengan Drone Pertanian Bersama Petani Di Kab. Garut di Desa Rancabango Kec. Tarogong Kaler, Selasa (30/11/2021)- foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Vice President Penjualan Wilayah Region 3A Pupuk Indonesia, Aviv Ahmad Fadhil mengatakan bahwa penyemprotan massal diselenggarakan sebagai bentuk upaya Pupuk Indonesia bersama stakeholder dalam hal ini Today Tech, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut dan Kelompok dalam peningkatan produksi pangan melalui perbaikan kondisi lahan menggunakan pupuk organik.

Selain itu, dikatakannya bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta sarana edukasi kepada petani di Kabupaten Garut dalam menerapkan pemupukan yang presisi menggunakan teknologi drone pertanian yang lebih mudah dan menyenangkan.

Vice President Penjualan Wilayah Region 3A Pupuk Indonesia, mengatakan inovasi perusahaan pada produk pupuk organik cair Phonska OCA  dan peran Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berkelanjutan menjadikan produk Phonska OCA ini menjadi salah satu produk subsidi pada tahun 2021.

“Penambahan pupuk organik cair ini dijalankan pemerintah dengan prinsip efisiensi dan tetap mengedepankan kualitas dan kemudahan dalam aplikasi oleh petani, untuk meningkatkan hasil panen yang optimal,” jelas Pak Aviv.

Lebih lanjut Vice President Penjualan Wilayah Region 3A PT Pupuk Indonesia (Persero) menyampaikan terimakasih kepada petani dan pihak pemerintah Kabupaten Garut yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) selama ini. Diharapkan sinergi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan ketahanan pangan Nasional.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Beni Yoga Guna Santika, MP (foto istimewa-grahabignews.com)

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Kepala Dinas Pertanian Ir. Beni Yoga Guna Santika, MP.,  melalui Kabid Ketahanan Pangan, Dati Widyawati menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia kali ini, “kami yakin dengan kerjasama yang dibangun bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) dan Today Tech ini, petani dapat memanfaatkan teknologi drone pertanian agar bertani lebih mudah dan menyenangkan, dan tentunya hasil panen dapat meningkat secara signifikan. Apalagi uji lokasi di berbagai daerah sudah terbukti hasilnya. Tentu saja hal ini dapat menambah motivasi petani di Kabupaten Garut, “ ungkap Beni.

Kabid Ketahanan Pangan, Dati Widyawati mewakili Kadispertan Kab. Garut memberikan apresiasi dengan program Teknologi Penyemprotan Pupuk Organik Cair Phonska Oca Dengan Drone Pertanian Bersama Petani Di Kab. Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Kadispertan menambahkan, bahwa untuk meningkatkan produktivitas dan hasil panen, para petani harus mau dan disiplin menerapkan sistem budidaya sesuai anjuran Dinas Pertanian Kabupaten Garut serta PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *