Plt. Kadisdik Garut Tegaskan Operator Menjadi Salah Satu Kunci Suksesnya Penyelenggaan Pendidikan

Share posting

Oleh ; Wishnoe Ida Noor

Plt. Kadisdik Kabupaten Garut, H. Suherman (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Garut – Sebagaimana diketahui, bahwa pada hari Kamis, 3 Desember 2021 usai dilaksanakan sosialisasi anti pencegahan korupsi bagi para operator sekolah di Kabupaten Garut di Gedung PGRI Kecamatan Garut Kota.

Wawancara singkat GrahaBigNews dengan Plt. Kadisdik Kabupaten Garut, H. Suherman, Jum’at (04/12/2021) bahwa, operator merupakan salah satu bagian yang sangat berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Garut.

H. Suherman menandaskan, bahwa salah satu kunci utama untuk menyukseskan pendidikan itu diantaranya adalah laporan yang diampaikan oleh para operator.

Hal itu menurutnya penting bagi para operator untuk diberikan pemahaman terkait dengan kebenaran, karena semua ditekankan agar operator memberikan data yang valid, yang bagus, dan apa adanya sehingga seluruh operator  kemarin dilakukan sosialisasi anti pencegahan korupsi dalam rangka pengantisipasi dan mengeleminir hal-hal yang tidak diharapkan.

Kenapa peranannya operator sekolah sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan? Tanya Suherman, karena di dalamnya bersentuhan dengan kebijakan terkait tunjangan Guru, besarnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan lainnya yang akan diterima oleh sekolah pada dasarnya bergantung pada laporan yang diberikan operator sekolah.

H.Suherman lebih lanjut menandaskan, peran operator sekolah dalam pendataan dan fasilitator informasi di tingkat sekolah semakin penting, karena peran utama operator adalah sebagai petugas khusus dari suatu sekolah untuk mengentry/menginput/memasukan data-data sampai dengan mengirimkan data-data (sinkronisasi) yang terkait dengan sekolah di Dapodik

Ketika disingung, jika peranan operator di sekolah demikian pentingnya dan dapat dikatakan bahwa operator sebagai jantungnya sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan, bagaimana dengan kesejahteraan bagi para petugas operator itu sendiri? Dijawabnya, Insya Alloh akan diperhatikan.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *