Desa Haurpanggung Tingkatkan Kesadaran Tentang Pentingnya Kesehatan

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

tengah: Kepala Desa Haurpanggung, H. Rohmat Ruswandi Usai Pelaksanaan Vaksinasi di Aula Desa Haurpanggung, Senin (13/12). (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews)

Garut – Program Pemerintah Kabupaten Garut, yaitu Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan dalam sebuah individu atau komunitas yang menjadi penyebab terhadap penyebaran penyakit.

Pelaksanaan di Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong terus berjuang memberian pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya buang air besar sembarangan.

Dijelaskan Kepala Desa Haurpanggung, H. Rohmat Ruswandi, Senin (13/12) saat ini untuk penanganan ODF tengah dilaksanakan di RW 14, berupa pemasangan septic tank komunal.

“Tahun sekarang ada di RW 14 lagi di buat septic tank untuk kurang lebih 10 KK sesuai permintaan Ketua RW,” kata Kades.

Sehubung anggaran terbatas, lanjut dia, tahun ini cuman ada di satu RW, jadi untuk penanganan ODF di Desa Haurpanggung dilaksanakan secara bertahap.

Diakui H. Rohmat, bahwa sedikitnya 9 RW yang membutuhkan septic tank komunal, yaitu warga yang berdomisili di sekitar bantaran Sungai Cimanuk.

“Karena anggaran desa terbatas, kami telah mengajukan ke Pemkab Garut melalui Musrenbang. Semoga tahun depan bisa terealisasi,” tuturnya.

Program lainnya adalah penuntasan Stunting, pihaknya bekerjasama dengan PDNA Muhammadiyah dan Kader Desa Haurpanggung melakukan pendataan Ibu Hamil (Bumil).

Selanjutnya, melakukan sosialisasi terkait stunting sehingga sekarang kesadaran masyarakat meningkart. ”Alhamdulillah, kesadaran pemeriksaan Bumil ke Puskesmas Haurpanggung meningkat,” pungkas Kades.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *