Disdik Garut Sabet Berbagai Juara Pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Disdik Garut Sabet Berbagai Juara Pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat (Foto File Kasi Kelembagaan&Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut-grahabignews.com)

 

Garut –Pemerintah Kabupaten Garut patut bangga atas prestasi yang telah diukir oleh putra-putri mereka pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi  Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu. Kebanggan tersebut, mengingat bahwa dari berbagai lomba yang diselenggarakan baik tingkat Kabupaten dan Provinsi, para peserta didik dari perwakilan Kecamatannya masing-masing dan lolos maju pada perlombaan tingkat Kabupaten sampai melaju pada tingkat Provinsi Jawa Barat, dan mereka berhasil membawa nama harum Kabupaten Garut khususnya lingkungan Pendidikan Kabupaten Garut itu sendiri.

Keberhasilan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut yang telah menyabet berbagai juara pada Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi  Jawa Barat, Plt. Kaisdik Kabupaten Garut, H. Suherman dalam apresiasinya mengatakan pada GrahaBigNews Senin (13/12/2021) di lobi Kantor Disdik Garut, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang sudah menampilkan kebolehannya serta membawa nama harum Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Lanjutnya, terutama anak-anak telah mampu menjaga dan meningkatkan marwah pendidikan dengan menjaga serta melsetrarikan bahasa ibu.

Plt. Kaisdik Kabupaten Garut, H. Suherman (foto oleh Wida Heryani-grahabignews.com)

Festival Tunas Bahasa Ibu pada jenjang  SD itu kata H. Suherman, merupakan motivasi dan dorongan serta semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, selain itu anak-anak juga mendapat manfaat.

“Untuk anak-anak yang berprestasi, tentu pemerintah harus memberikan penghargaan dan apresiasi dalam rangka memberikan dorongan terhadap kegiatan dan kreasi baik jenjang SD maupun SMP, sehingga hal ini akan terus memicu kreatifitas yang sangat positif,” ujarnya.

Demikian juga atas prestasi yang telah diraih oleh para peserta didik pada Festival Tunas Bahasa ibu, mulai jenjang SD dan SMP dari berbagai katagori yang dilombakan, Kabid Kelembagaan&Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Asep Wawan Budiman, M.Si didampingi H. Iyan  Sopian, S.Ip selaku Kasi menjelaskan pada GrahaBigNews di ruang kerjanya kawasan Pembangunan, Senin (13/12/2021) bahwa untuk Festival Tunas Bahasa Ibu baik tingkat Kabupaten dimulai pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021.

Dijelaskan H. Iyan Setelah peserta pada Festival Tunas Bahasa Ibu dari jenjang pendidikan SD dan SMP yang lolos mengikuti perlombaan di tingkat Kabupaten, mereka mengikuti proses selanjutnya untuk mengikuti pada kejuaraan di tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan selama 4 hari berutut-turut yaitu dari tanggal 7-10 Desember 2021.

“Alhamduli, baik pada jenjang tingkat pendidikan SD dan SMP, kami berhasil menyabet berbagai juara, baik juara 1 juara 2 maupun harapan 1 dan 2. Semua itu adalah kerja keras dan kesungguhan dari para Guru serta semua pihak yang telah mempersiapkan serta memberikan yang terbaik pada Kabupaten Garut khususnya Dinas Pendidikan,” ungkap H. Iyan.

Berikut ini adalah para juara  sesuai dengan jenjang pendidikan yang mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu dari jenjang pendidikan SD dan SMP tingkat Provinsi Jawa Barat.

Nama Pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat :

Jenjang SD

1.Juara 1 Lomba Maca Sajak (Putri)

Azzahra Syawalanisa, dari SDN 1 Karangmulya Kec. Kadungora

2.Juara 1 Lomba Nembang Pupuh (Putri)

Neng Syelfi Oktora, dari SDN 2 Cigedug Kecamatan Cigedug

3.Juara 1 Lomba Nembang Pupuh (Putra)

Muhamad Kaffa Pratama dari SDN 1 Purwajaya Kec. Peundeuy

4.Juara 2 Maca Sajak (Putra)

Maula Kendra El-Farizi, dari SD Muhammadiyah 5 Kec. Garut Kota

5.Juara 3 Lomba Ngadongeng (Putra)

Jackye Firmansyah dari SDN 1 Sukarame Kec. Bayongbong

6.Juara Harapan 1 Lomba Ngadongeng (Putri)

Elisya Putri Anggaraini, dari SSDN 3 Wanaraja Kec. Wanaraja

7.Juara Harapan 2 Nulis Carpon (Putri)

Sani Sabila, dari SDN 1 Kadongdong Kec. Banjarwangi

Jenjang SMP

1.Juara 1 Lomba Nembang Pupuh (Putra)

Saepul Jamil, dari SMPN Satap 1 Peundeuy Kec. Peundeuy

2.Juara 2 Lomba Borangan (Putri)

Ai Pipih Rohimah, S.Pd.I, dari SMP Muhammadiyah Kec. Pameungpeuk

3.Juara 2 Lomba Borangan (Putra)

Enceng Suherman, S.Pd., dari SMPN 2 Garut Kec. Garut Kota

4.Juara Harapan 1 Lomba Nulis Carpon (Putra)

Adhiswara Anugrah Ar Rahman, dari SMP Muhammadiyah 3 Kec. Kadungora

5.Juara Harapan 2 Lomba Nulis Aksara Sunda (Putra)

Fasya Alfata Fernanda, dari SMPN 2 Garut Kec. Garut Kota

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *