SMK Plus Qurrota A’yun Praktek di Lahan Perhutani

Share posting

Oleh: Masrian, S.Pd.I

Praktek Siswa SMK Plus Qurrota A’yun Samarang, Jurusan ATPH di Lahan Perhutana Daerah Kamojang, Selasa (22/02). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Dalam rangka mengimplementasikan teori yang dipelajari, siswa SMK Plus Qurrota A’yun Samarang Jurusan ATPH, melaksanakan paktek lapangan di lahan Perhutani Kawasan Kamojang, Selasa (22/02).

Menurut Enjang Hamid, SP selaku Pembimbing, bahwa kegiatan diikuti oleh siswa kelas XII jurusan ATPH sebanyak 38 siswa yang di bagi 7 kelompok untuk belajar secara langsung terkait mengolah lahan untuk di tanami tanaman hortikultura.

Peralatan Praktek SMK Plus Qurrota A’yun Samarang, Jurusan ATPH. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Rencananya, lanjut dia, lahan tersebut akan ditanami kentang dengan segala biaya ditanggung oleh sekolah. “Total luas lahan 5 Ha, namun yang ditanami seluas 0,5 Ha,” jelas dia.

“Hasilnya nanti, setelah dipotong biaya produksi, keuntungannya akan diberikan kepada siswa untuk keperluan biaya sekolah,” terang Enjang kepada GrahaBigNews (25/02).

Tanaman Kangkung hasil Praktek Siswa SMK Plus Qurrota A’yun Samarang, Jurusan ATPH. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Adapun Alat yang dipergunakan saat praktek adalah Cultivator (alat pengolahan tanah) dan Soil nutrent analyzer (berbagai alat analisis nutrisi tanah), terdiri dari alat pengukur PH, kelembapan, kecepatan angin, kadar garam, suhu, kepadatan tanah, carbon dioksida dan lainnya.

Di akhir wawancara, Enjang berharap, siswa bisa mengadopsi teknologi baru  serta bisa mandiri dengan bekal keilmuan di bidang pertanian dalam menyongsong pertanian maju mandiri modern.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *