Mandi Sehat Ala Rasulullah SAW

Share posting

Artikel Eksklusif

Oleh : H Derajat

Ilustrasi-cantik.tempo.co

Saya turunkan artikel ini untuk mengenang kebiasaan mandi di 2/3 malam alias sebelum subuh kakek-kakek saya yang selalu mandi jam 2-3 subuh sebelum beliau melakukan itikaf di Mesjid sambil menunggu datangnya waktu subuh.

MANDI adalah aktivitas harian yang digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang melekat di badan. Tahukah Anda, jika ada beberapa waktu terbaik untuk melakukan mandi di pagi hari. Berikut penjelasannya.

Menjelang Subuh (jam 02.00 sampai 03.00).

Pukul 02.00 atau menjelang subuh merupakan waktu terbaik untuk mandi. Menurut dunia kedokteran mandi di waktu ini memiliki manfaat baik yang dihasilkan untuk kesehatan tubuh. Diantaranya badan menjadi lebih sehat, menjadi awet muda, metabolisme tubuh membaik, merangsang sistem syaraf menjadi lebih aktif, suhu tubuh menjadi stabil, melancarkan peredaran darah, menjadi lebih fresh dan menghilangkan rasa malas dalam diri.

Kebiasaan mandi sebelum waktu subuh, sudah terlebih dahulu dilakukan oleh orang zaman dahulu. Tidak heran jika fisik orang zaman dahulu lebih bagus, tegap, dan sehat ketimbang orang zaman sekarang. Mereka dapat mengatur waktu yang baik untuk mandi dan pola makan yang sehat.

Dilansir Inspiradata, terdapat senyawa trioksigen (O3) pada air dingin di waktu pagi hari yang menurut penelitian ilmuwan kandungan senyawa O3 dalam air bisa menghapuskan pencemaran air atas besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit dan bahan penyusun warna lainnya. Air dingin di pagi hari, atau mandi menjelang waktu subuh mengandung zat O3 yang lebih besar daripada kandungan pada air di waktu matahari di atas kepala.

Allah telah memberikan keistimewaan yang sangat luar biasa bagi kita kaum Muslimin dan Muslimah. Jarang yang memperhatikan sejuta manfaat subuh untuk sarana pembelajaran. Hal ini telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw., di mana Rasulullah mengajak umatnya bangun sebelum subuh dan kemudian mandi sebelum melaksanakan Shalat Sunnah dan Shalat Subuh berjamaah.

Hikmahnya adalah mendapat limpahan pahala, kesegaran air dan udara subuh yang baik terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Asupan oksigen yang masih bebas polusi bisa menyehatkan otak.

Bagi kita kaum Muslimin, seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw., setiap bangun subuh kita selalu (seharusnya) mandi pada saat sebelum waktu subuh tiba akan membuat badan kita lebih sehat dan awet muda.

Kandungan O3 yang terkandung di dalam air di subuh hari adalah lebih besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar. Air dingin pada waktu sebelum subuh atau waktu sepertiga malam memiliki partikel ALPHA yang sangat besar. Partikel Alpha ini memiliki energi yang kuat sekali. Hal ini pula yang menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya.

Dalam sebuah riwayat, Rasullulah sallallahu wa alaihi`wa sallam tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga Kesehatannya dan salah satu aktivitas rutin Rasullulah adalah beliau selalu menjaga makanan sehari harinya dan selalu mandi sebelum subuh.

Rasullulah sallallahu wa alaihi`wa sallam pernah bersabda yang artinya “Mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR Muslim). Ya, karena hanya dengan tubuh yang sehat kita akan menjadi kuat dan bisa melakukan berbagai aktivitas di dunia ini dengan sebaik baiknya.

Sementara itu dari beberapa penelitian didapati kesimpulan bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi Subuh dengan air dingin, karena mandi pada waktu subuh dengan air dingin selain badan segar dan bersih  juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

  1. Melancarkan Peredaran darah.

Mandi subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Untuk itu, sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.

Jika peredaran darah anda lancar maka tubuh anda akan menjadi lebih sehat dan bertenaga. malah anda juga bisa melakukan aktivitas  seharian tanpa rasa letih.

  1. Membuat kulit menjadi lembut, halus dan cantik.
  2. Midi Hariyani, SKK spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Nusantara Kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan sehingga Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal/lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih fresh, lebih lembut dan halus. Begitu juga dengan kuku, ia akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.
  3. Mampu menurunkan resiko darah tinggi.

Untuk anda yang memiliki penyakit darah tinggi, mungkin ini merupakan salah satu cara untuk anda mengurangkan penyakit anda. Insya ALLAH, dengan izin ALLAH, jika selalu diamalkan, maka penyakit anda akan pulih. Sebab menurut Frederic Premji seorang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh organ-organ tubuh.

  1. Mampu meningkatkan sel darah putih.

Mandi dengan air dingin pada waktu subuh akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh, sehingga tubuh anda tidak akan mudah untuk diserang oleh penyakit, tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

  1. Mampu meningkatkan kesuburan.

Mandi dengan air dinginpun ternyata juga memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

  1. Membuat rambut lebih sehat.

Mungkin anda bertanya, apa sih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin ? bukankah akan lebih nyaman jika menggunakan air hangat ?

Ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dingin pun mampu melindungi rambut dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat.

  1. Mampu Meredakan Depresi.

Mandi dengan air dingin ternyata selain berpengaruh pada tubuh, juga berpengaruh pada jiwa, menghilangkan galau dan stress, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari – hari.

  1. Menurunkan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada tubuh kita perlukan untuk berfungsi, dan kita tidak membakar lemak putih untuk energi. Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika kita terkena dingin yang ekstrim. Jadi, mandi dingin dapat mempromosikan metabolisme lemak coklat.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrim dilaporkan membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti Anda bisa kehilangan hingga 5 kilogram dalam setahun jika terus rajin mandi pagi dengan air dingin.

  1. Mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Mandi air dingin terutama efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah Anda nge-gym. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi air dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Alasannya karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang diperlukan oleh sistem imun untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

  1. Mengatasi DOMS

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan latihan fisik yang tidak biasa dilakukan.

Rasa nyeri ini biasa dialami oleh atlet amatir. Bagi mereka yang tidak biasa berolahraga, rasa sakit ini akan terasa sangat luar biasa dan tak tertahankan.

Untuk mengatasinya, berendam dalam air dingin bisa membantu mengurangi peradangan penyebab rasa sakit ini.

Paula Radcliffe, atlet atletik dari Inggris, juga mempraktikan hal yang sama usai lelah berlari.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *