PANSIMAS Bantu Warga Selatan Yang Kesulitan Air Bersih

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Peresmian Program PAMSIMAS di Desa Karyamukti Kec. Cibalong, Rabu (03/08). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Program PAMSIMAS Tahun Anggaran 2022 di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibalong, secara langsung diresmikan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, Rabu (03/08).

Menurut Bupati, bahwa sumber dana pembangunan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sekitar 400 juta rupiah.

Terang Rudy, program tersebut dapat memberikan kontribusi besar terhadap penurunan angka stunting serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama pada program (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

“Ini luar biasa, PANSIMAS ini berlolasi di painggir pantai selatan sekitar 130 km dari Kota Garut dan berbatasan dengan Australia,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air minum (PDAM)Tirta Intan Garut, H. Aja Rowikarim mengatakan, program PAMSIMAS merupakan program yang berorientasi untuk masyarakat di luar jangkauan PDAM yang memiliki sumber mata air maksimal untuk 200 orang.

“Semoga dengan digulirkannya program PAMSIMAS, masyarakat dapat menerima air bersih sesuai ketentuannya. Selain itu, pengelolaan air bersih ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.

Mewakili masyarakat, Yana Efendi selaku Kades Karyamukti mengucapkan terimakasih kepada Bupati Garut atas diresmikannya pembangunan program PAMSIMAS ini. “Masyarakat di desa kami sangat bersyukur, karena di wilayahnya kekurangan sarana air bersih,” imbuhnya.

Lebih jauh Kades menerangkan, Tahun ini, dari 263 KK, baru 89 KK yang terdaftar sebagai penerima program PAMSIMAS. Selain itu, pihaknya juga akan menganggarkan dana untuk masyarakat yang belum mendapatkan penyaluran air bersih di program PAMSIMAS .

Untuk sisanya, aku Yana, bakal dianggarkan dari APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) melalui dana desa. “Alhamdulillah, Pemkab Garut akan mensupport juga bagi warga yang belum terairi,” ucap dia.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *