Infrastruktur Jalan Sasaran Fisik TMMD Kodim Sumedang Mendapat Respon Positif Warga Masyarakat

Share posting

Oleh: Uu Suhana

Program TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0610/Sumedang di Desa Wanajaya Kec. Surian. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Sumedang – Program TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0610/Sumedang, melaksanakan berbagai kegiatan meliputi sasaran pekerjaan fisik mau pun non fisik.

Hal tersebut, merupakan suatu tantangan bagi setiap prajurit yang bertugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab guna membantu masyarakat dalam membangun desa, sekalipun jauh dari keluarga.

Kendati begitu, sasaran fisik TMMD terutama Infrastruktur jalan, mendapat respon positif dan antusias tinggi dari warga dan tokoh masyarakat Desa Wanajaya Kec. Surian, atas terselenggaranya kegiatan TMMD ini.

“Inilah saatnya, tim Satgas memberikan suatu sumbangsih serta motivasi agar bisa lebih bersinergi, membaur serta menyatu dengan masyarakat,” kata Asep salah seorang tokoh masyarakat Wanajaya, Senin 15 Mei 2023.

Diakuinya, dirinya pernah mengutip obrolan dengan tim satgas TMMD, bahwa semboyan TNI “Lebih baik bermandikan keringat daripada bermandikan darah.

“Mungkin dalam artian, TNI tak akan menyerah dengan teriknya matahari dan dinginnya hujan demi membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Oleh karenanya, kata dia, masyarakat sangat senang bisa bergabung, menyatu dengan tim satgas TMMD yang ternyata prajurit bisa di segala bidang apapun, bukan hanya jago memegang senjata tempur tapi juga bisa beralih ke senjata tempur pertukangan.

“Tak disangka, awal kami segan dengan bapak TNI melihat baju lorengnya, tapi dalam waktu singkat kita bisa saling kenal yang akhirnya menjadi akrab, baik, ramah dan santun serta familiar sudah seperti keluarga sendiri,” tuturnya.

Hal serupa, diungkapkan Rudi, sopir pick up pengangkut bahan material, menyatakan tetap bersemangat untuk membantu tim satgas TMMD menyuplai bahan material yang dibutuhkan.

“Ada dua kendaraan yang bertugas mengangkut dan melansir sejumlah material, berupa batu kerikil dan pasir untuk disalurkan ke sejumlah titik pengecoran jalan sasaran fisik TMMD,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan, tentunya dilapangan selalu ada suka dukanya, selain medan jalan yang terjal juga membutuhkan skill dan kehati-hatian penuh.

“Atas motivasi bapak TNI, kami tetap bersemangat sekalipun jalanan licin ketika turun hujan diatasinya dengan menaburkan sekam kayu di sekitar jalan yang dilalui, sehingga kami bisa terus melansir bahan material,” kata Rudi.

“Saya berharap dan selalu berdoa alam mendukung pula dengan cuacanya, agar program TMMD ini segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan bisa berjalan lancar, selesai sesuai target pelaksanaannya,” harapnya pula.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *