Berbagai Cabang Ekstrakurikuler SMK Negeri 4 Garut Syarat Prestasi Tumbuhkan Minat, Bakat Peserta Didik

Share posting

Eksklusif

Oleh : Wishnoe Idha Noor

seluruh foto dalam berita ini file SMKN 4 Garut

Grahabignews.com, Garut – Jumat (19/06/2023) Sebagaimana diketahui, bahwa kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama dan kemandirian peserta didik secara optimal untuk mendukung pencapaian.

Salah satu sisi positif dari ekstrakurikuler yang tidak bisa diabaikan adalah kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energy dan kreatifitas dengan cara positif, sehingga melalui ekstrakurikuler anak bisa menyalurkan minat. Mereka jadi terdorong untuk mengembangkan bakatnya.

Hal itu tentu saja sangat positif bagi siswa, yaitu membuat siswa lebih kreatif, mengajarkan kerja team, sebagai imun booster, menyalurkan bakat dan minat yang positif, mengurangi resiko stress, dan mengajarkan manajemen waktu agar lebih baik lagi.

Seperti halnya yang selalu diterapkan di SMKN 4 yang berada di Jln Raya No. 122 Karngpawitan Kecamatan Karangpawitan Kabppaten Garut, di bawah pimpinan Kepala Sekolah Drs. Pudji Santoso dengan para Wakasek, Budiyanto, S.TP, Taofik Kusnadi, S.Pd., M.Pd., Yopi Hermawan, SS.Pd., M.Pd.,  dan Rahman Gumilar, S.Pd yang didukung oleh para Guru yang mumpuni di bidangnya masing-masing, serta tata kelola sekolah dengan manajemen yang bagus, tak ayal selain para peserta didiknya disiplin juga berprestasi, sehingga kerap menyabet berbagai penghargaan yang patut dibanggakan.

Demikian juga dengan berbagai kegiatan Ekstrakurukuler yang ada di seklah tersebut yang selama ini berjalan ada 20 jenis kegiatan, diantaranya :

1 Palang  Merah Remaja (PMR)

Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu kegiatan dimana para generasi muda dapat mengembangkan kreativitas dan ketrampilan di bidang kepalang merahan,  serta merupakan cikal bakal Palang Merah Indonesia (PMI) untuk meneruskan cita-cita dan pengabdian di tengah-tengah masyarakat.

Untuk meneruskan tugas dan bakti Palang Merah Indonesia (PMI) di tengah-tengah masyarakat, diperlukan kualitas anggota Palang Merah Indonesia (PMI) yang handal dan mampu untuk menghadapi tugas pokok Palang Merah Indonesia (PMI) secara profesional.

Sebagai bentuk pengembangan kualitas anggota PMR yang sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan PMR adalah:

  1. Mempererat persahabatan dan persaudaraan sesama anggota PMR.
  2. Mempertinggi mutu keterampilan sesama anggota PMR untuk menjadi tenaga-tenaga yang handal PMI.
  3. Menumbuhkan jiwa kreativitas dan sportivitas yang tinggi sesama anggota PMR.
  4. Menggalang prestasi yang setinggi-tingginya sesama Anggota PMR.

Maka, PMR SMK Negeri 4 Garut setiap tahunnya selalu mengikuti kegiatan lomba yang diselenggarakan PMI tingkat kabupaten provinsi. Berikut data prestasi yang diperoleh PMR SMK Negeri 4 Garut selama tahun 2022.

 

  1. Juara 1 Lomba Tandu Darurat Putra Tingkat Wira, September 2022
  2. Juara 1 Lomba Tandu Darurat Putri Tingkat Wira, September 2022
  3. Juara 3 Lomba Pertolongan Pertama Putri Tingkat Wira, September 2022
  4. Juara Harapan 1 Lomba Perawatan Keluarga Putri Tingkat Wira, September 2022
  5. Juara Harapan 1 Lomba Keluarga Putra Tingkat Wira, September 2022
  6. Juara 1 LCT (Wira), Desember 2022
  7. Juara 1 TikTok (Wira), Desember 2022
  8. Juara 1 Tandu Darurat Putri (Wira), Desember 2022
  9. Juara 3 Tandu Darurat Putra (Wira), Desember 2022
  10. Juara 3 Pertolongan Pertama Putri (Wira), Desember 2022
  11. Juara Harapan 1 Tandu Darurat Putra (Wira), Desember 2022
  12. Juara Harapan 2 Tandu Darurat Putri (Wira), Desember 2022
  13. Juara Harapan 3 Pertolongan Pertama Putra (Wira), Desember 2022

2.English Club (EC)

English Club merupakan salah satu cabang ekskul yang ada di SMK Negeri 4 Garut yang cukup diminati oleh siswa. Selain mempelajari dan memperdalam ilmu tentang kebahasaannya, EC juga memberikan pengalaman yang cukup menantang bagi siswa karena dalam programnya siswa dilatih untuk berani berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai bentuk unjuk kabisa ada beberapa siswa yang dengan sangat percaya diri mengikuti lomba tingkat internasional yang diselenggrakan oleh negara Filipina.

Dengan ketekunan belajar dan rasa percaya diri siswa tersebut mendapatkan penghargaan di bidangnya,yaitu:

  1. Delegate in Imun Online Conference 136.0, 19-20 November 2022
  2. Verbal Commendation, 19-20 November 2022

3.Futsal 

Cabang ekskul lainnya yang sangat diminati siswa dan siswi adalah futsal. Futsal memilikidua kelompok yaitu putra dan putri. Kegiatan futsal dilakukan setelah kegiatan pembelajaran selesai dan dilakukan dilapang sekolah kampus 1. Kesempatan mengikuti ajang kompetisi selalu ada, biasanya mulai banyak lomba di akhir tahun sekitar bulan Desember dan awal tahun pada bulan Februari.

Menjadi juara adalah cita-cita setiap klub, tapi setiap permainan pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Tim Futsal SMKN 4 garut pernah menjadi juara dan membawa pulang piala dan sertifikat bahkan pernah uga hanya gigit jari saja. Tahun 2022 kemarin tim Futsal Putri mendapatkan kesempatan untuk menjadi juara. Dengan dukungan dari berbagai pihak kegiatan tersebut membuahkan hasil.

Adapun daftar piagam penghargaan tahun 2022 adalah sebagai berikut;

  1. Juara 1 dalam acara Pra-Musim Liga Futsal Pelajar Garut Best Futsal Championship 2022, 19-26 Desember 2022
  2. Peserta kategori SMA/ Sederajat dalam acara Pra-Musim Liga Futsal Pelajar Garut Best Futsal Championship 2022, 19-26 Desember 2022
  3. Juara I Kategori Putri Futsal Corner 2022-2023 dalam acara Putih Abu Futsal Cup II,
  4. Best Player Kategori Putri Futsal Corner 2022-2023 dalam acara Putih Abu Futsal Cup II
  5. Top Scorer Kategori Putri Futsal Corner 2022-2023 dalam acara Putih Abu Futsal Cup II

4.Pencak Silat 

Pencak silat merupakan salah satu cabang ekskul beladiri yang ada di SMKN 4 Garut. Jumlah siswa peminat bela diri pencak silat merupakan minoritas karena memang terbagi dengan bela diri lainnya. Meskipun demikian, ada beberapa siswa yang menorehkan prestasi di bidang ini. Di tahun 2022 terdapat dua kejuaraan yang diraih siswa, diantaranya;

  1. Juara 1 Kategori Ganda remaja Putra dalam Lomba Pencak Silat Seni Tradisi Antar Paguron se- Kabupaten Garut, 14-15 Juli 2022
  2. Juara 1 Kategori Tunggal Baku Tingkat SMA dalam kejuaraan Nasional pencak Silat Pusaka Nagara Open, 26-28 November 2022.

Paskibra adalah singkatan dari pasukan pengibar bendera. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) merupakan salah satu cabang ekskul yang cukup diminati oleh siswa. Anggota Paskibra 4G (Paskibra SMKN 4 Garut) mempunyai kesempatan untuk menjadi anggota Paskibraka di acara hari kemerdekaan RI. Meskipun tidak semudah membalikkan telapak tangan setiap siswa anggota Paskibra juga harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

Kegiatan yang dilakukan ekskul Paskibra setiap minggunya melakukan latihan baris berbaris dan melatih kekompakan dalam berbaris. Selain latihan fisik kegiatannya meliputi kegiatan yang mengharuskan setiap siswa memiliki bekal pengetahuan tentang ekskul yang mereka ikuti.

Ada beberapa lomba yang sempat dan pernah diikuti oleh tim Paskibra. Berikrut prestasi yang pernah diraih oleh tim Paskibra.

  1. Pasukan Pengibar Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-77 tahun 2022, Agustus 2022
  2. Juara Harapan 4 Purwa LKBB SMA/ SMK/ MA dalam Acara Lomba Kreativitas Pelajar (LKP) XIII 2022 Tingkat Nasional Universitas Sebelas April, Oktober 2022
  3. Juara 2 Video Tik-Tok LKBB SMA/ SMK/ MA dalam Acara Lomba Kreativitas Pelajar (LKP) XIII 2022 Tingkat Nasional Universitas Sebelas April, Oktober 2022

5.PASKIBRA

Paskibra adalah singkatan dari pasukan pengibar bendera. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) merupakan salah satu cabang ekskul yang cukup diminati oleh siswa. Anggota Paskibra 4G (Paskibra SMKN 4 Garut) mempunyai kesempatan untuk menjadi anggota Paskibraka di acara hari kemerdekaan RI. Meskipun tidak semudah membalikkan telapak tangan setiap siswa anggota Paskibra juga harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

Kegiatan yang dilakukan ekskul Paskibra setiap minggunya melakukan latihan baris berbaris dan melatih kekompakan dalam berbaris. Selain latihan fisik kegiatannya meliputi kegiatan yang mengharuskan setiap siswa memiliki bekal pengetahuan tentang ekskul yang mereka ikuti.

Ada beberapa lomba yang sempat dan pernah diikuti oleh tim Paskibra. Berikrut prestasi yang pernah diraih oleh tim Paskibra.

  1. Pasukan Pengibar Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-77 tahun 2022, Agustus 2022

6.PRAMUKA

Menurut KBBI, pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Sekolah adalah tempat untuk menyelenggarakan kegiatan Pramuka dalam rangka mencapai tujuan dan fungsi tersebut. Ada berbagai manfaat ikut kegiatan Pramuka yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi di Sekolah.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Adapun tingkatan anggota gerakan Pramuka adalah terdiri dari;

Siaga (usia 7-10 tahun)

Penggalang (usia 11-15 tahun)

Penegak (usia 16-20 tahun)

Pandega (usia 21-25 tahun)

Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler menyenangkan dan bisa diikuti dengan bersekolah di SMKN 4 Garut. Kegiatan ini selain menyenangkan juga memberikan mengajarkan siswa dalam disiplin.

7.Patroli  Keamanan Sekolah (PKS)

PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah. Jika kita mendengar kata Patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya. PKS adalah suatu organisasi yang merupakan wadah partisipasi para pelajar yang berminat di bidang kelalulintasan di bawah naungan kepolisian.

Sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik.

Oleh karena itu masalah lalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk pelajar, maka sebagai rasa tanggung jawab para pendidik dan petugas di bidang lalu lintas menganggap perlu membentuk suatu wadah untuk menampung kegiatan para pelajar dan pemakai jalan disekitar sekolah masing-masing dan wadah tersebut adalah Patroli Keamanan Sekolah.

8.Rimbawan Muda / SISPALA

Rimbawan adalah seseorang yang memiliki profesi pengelolaan hutan atau orang yang selalu memainkan peran dalam kegiatan pengelolaan hutan ke arah kelestarian. Profesi ini juga dikatakan sebagai pengawal atau pengawas kekayaan negara berupa sumber kekayaan hutan. Rimbawan merupakan seseorang yang cukup memahami sumber daya alam khususnya hutan.

Rimbawan adalah anggota masyarakat yang dapat dipercaya untuk mengurus sumber daya alam yaitu hutan. Seorang ahli hutan selalu mementingkan perlindungan terhadap hutan. Perlindungan hutan merupakan hal yang berkaitan dengan pencegahan perusakan hutan dari oknum-oknum tertentu yang dapat merusak hutan agar hutan tetap dapat terlindungi dari oknum-oknum tersebut. Rimbawan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan khususnya di Indonesia.

Etika profesi ini dapat dimaknai dengan prinsip, sikap dan tindakan yang menunjukkan rasa peduli dan tanggung jawab terhadap pelestarian alam. Prinsip seorang ahli hutan hendaknya adalah selalu kokoh, tegas dan berkomitmen kuat untuk menjadikan hutan lestari dan bermanfaat untuk kemakmuran semua manusia. Dengan berprinsip seperti itu maka, sikap yang muncul dari seorang rimbawan adalah peduli, jujur, loyal, berhati-hati, teliti, kritis, bersahabat, dekat dengan alam dan sederhana. Sehingga tindakan yang muncul adalah tindakan yang mulia laksana seorang manusia yang diberi “amanat agung” oleh Tuhan untuk menjadi pengelola alam ini (khalifah). Dengan memahami prinsip, sikap dan perilaku rimbawan, maka segala perilaku yang menyimpang dari perbuatan mulia maka bisa dikatakan telah melanggar etika profesi ini.

SMKN 4 Garut membuka ekskul Rimbawan Muda untuk menjaring siswa jurusan Kehutanan supaya mau dilatih dan dikondisikan dengan keadaan di lapangan. Meskipun yang mengikuti ekskul ini hanya jurusan kehutanan saja tapi kedisiplinan selalu jadi yang utama.

9.Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Negeri 4 Garut merupakan satu dari dua organisasi kesiswaan resmi di SMK Negeri 4 Garut, selain Majelis Perwakilan Kelas. Organisasi ini diurus dan dikelola oleh para siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS. OSIS sebagai wadah bagi peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah.

Pengurus OSIS adalah peserta didik yang dipilih berdasarkan prestasi, dan keaktifan peserta didik di lingkungan sekolah. Menjadi pengurus OSIS harus mempunyai wawasan yang luas, pandai berinteraksi. Di SMK Negeri 4 Garut, OSIS dibimbing oleh Pembina OSIS, yang dipimpin langsung oleh Kepala SMK Negeri 4 Garut bersama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Seluruh siswa SMK Negeri 4 Garut memiliki hak untuk menjadi pengurus OSIS, dengan mengikuti tahapan seleksi. Selanjutnya, para pengurus OSIS tersebut melaksanakan program kerja yang telah disusun, dengan memperhatikan usulan dan arahan dari Pembina OSIS serta Majelis Perwakilan Kelas.

10.Seni Rupa 

Seni rupa adalah wujud dari budaya yang berasal dari pemikiran atau perasaan manusia. Jika kamu pernah pergi ke museum dan melihat lukisan-lukisan para seniman, secara tidak langsung kamu telah menikmati bentuk dari seni rupa.

Seni rupa juga bagian dari bentuk jenis seni dengan medium yang dapat dilihat secara kasat mata. Secara umum, seni didefinisikan sebagai manifestasi dari segala yang dilakukan oleh seseorang dengan menciptakan kemewahan, kenikmatan, dan kebutuhan spiritual.

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Corak dari seni rupa ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Secara garis besar, terjemahan dari seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art ini menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni.

11.ROHIS

Rohis adalah singkatan dari rohani Islam dan sering juga disebut sebagai Dewan Keluarga Masjid (DKM). Biasanya, rohis ada di tiap Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam bentuk organisasi.

Menurut Nugroho Widiyantoro dalam buku Panduan Dakwah Sekolah, fungsi rohis sebagai organisasi di sekolah adalah untuk mewujudkan barisan remaja pelajar yang mendukung dan memelopori tegaknya nilai-nilai kebenaran serta menjadi batu bata yang baik dalam bangunan masyarakat Islam.

Sementara menurut Muhammad Ruswandi dan Rama Adeyasa dalam buku Manajemen Mentoring, selain sebagai organisasi sekolah, rohis juga bisa berfungsi untuk kegiatan mentoring. Rohis dalam hal ini berfungsi untuk mengkaji ilmu pengetahuan mengenai ajaran agama Islam, khususnya yang bersifat religius modern.

Tujuan Umum

  • Membantu seseorang menjadi manusia seutuhnya guna mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
  • Memberikan pertolongan kepada setiap individu agar sehat secara jasmaniah dan rohaniah.
  • Meningkatkan kualitas keimanan, ke-Islaman, keihsanan dan ketauhidan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengantarkan individu mengenal, mencintai dan berjumpa dengan esensi diri dan citra diri serta dzat yang Maha Suci yaitu Allah SWT.

Tujuan Khusus

  • Membantu individu agar terhindar dari masalah.
  • Membantu individu mengatasi masalah yang dihadapinya.
  • Membantu individu memahami tentang ilmu keagamaan dengan benar.

12.Seni Musik 

Seni musik adalah sebuah cabang seni yang lebih fokus mengutamakan penggunaan harmoni, melodi, irama, tempo, dan vokal sebagai sarana menyampaikan nilai-nilai seni itu sendiri dari seniman atau pembuat seni kepada orang lain atau penikmat seni.

Sebuah musik memiliki unsur-unsur yang membentuk satu kesatuan yang membuatnya terdengar indah. Unsur-unsur musik antara lain melodi, ritme (irama), birama, harmoni, tempoo, dinamik, tangga nada, timbre, hingga notasi.

Bentuk kegiatan ekskul seni musik yang ada di SMKN 4 Garut adalah paduan suara band. Sebagai bentuk partisipasi dan dalam rangka pengembangan diri siswa, maka ketika ada lomba atau kompetisi selalu mencoba untuk unjuk kabisa. Seperti yang sedang diikuti oleh siswa dan siswi dalam lomba.

Selain seni musik yang dipelajari siswa juga dibentuk menjadi gup paduan suara untuk lebih memperdalam tari suara. Jadi, yang dipelajari di ekskul Seni musik bukan hanya musiknya saja melainkan seni suaranya supaya memiliki kesesuaian irama antara musik dan nyanyian.

13.Basket 

Kegiatan ekstrakurikuler bola basket merupakan salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah dan sebagai wahana untuk menampung, menyalurkan dan membina minat, bakat serta kegemaran peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dapat menjadi salah satu motivasi peserta didik dalam mengikuti setiap kegiatan ekstrakurikuler.

Bola basket merupakan cabang olahraga beregu di mana bola basket dimainkan oleh dua regu yang terdiri atas lima pemain untuk masing-masing regu dengan tujuan untuk mencetak angka sebanyak-banyaknya. Seperti dijelaskan dalam peraturan permainan, bola basket dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari lima pemain, setiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke dalam keranjang lawan yang mencegah regu lawan memasukkan bola atau mencetak angka.

Bola boleh dioper, dilempar, ditepis, digilingkan atau dipantulkan (driblle) ke segala arah sesuai dengan peraturan (Perbasi, 1994:5). Permainan bola basket diciptakan oleh James A. Naismith salah seorang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Amerika Serikat pada tahun 1891.

Teknik Dasar Bola Basket

Pada dasarnya, gerakan yang efisien adalah gerakan yang benar tanpa kehilangan tenaga yang sia-sia. Misalnya pada gerakan mendorong sesuatu, agar efisien, semua otot bekerja ke arah depan, tidak ada otot yang bergerak ke samping, baik otot-otot kaki, paha, badan, lengan dan tangan.

Dengan demikian semua gerakan efisien adalah gerakan yang mengeluarkan tenaga sedikit mungkin, tetapi menghasilkan kerja yang besar. Pada permainan bola basket, gerakan yang efektif dan efisien perlu didasarkan pada penguasaan teknik dasar yang baik.

14.Bola Voli

 

Permianan Bola Voli mmerupakan cabang olah raga yang banyak digemari oleh siswa di SMKN 4 Garut. Oleh  karena itu kami ingin mengembangkan olahraga tersebut menjadi salah satu olahraga unggulan, sehingga nantinya anak  didik kami mempunyai keterampilan dan prestasi dibidang olah raga Bola Voli dan supaya anak didik kami mempunyai  kesiapan yang maksimal untuk mengikuti pertandingan Bola Voli yang akan diadakan dimasa yang akan datang.

Tujuan dari kegiatan ekskul voli adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani
  • Sebagai wadah untuk menampung/menyalurkan minat dan bakat siswa.
  • Sebagai kreatifitas siswa dibidang olah raga.
  • Untuk memupuk dan menumbuhkan sprotivitas
  • Sebagai persiapan Tim dalam menghadapi pertandingan yang akan diikuti, baik tingkat Kecamatan ataupun Kecamatan ataupun Kota.
  • Sebagai bekal bagi siswa, apabila nanti mereka terjun di masyarakat.

Peserta atau anggota ekskul voli antara lain:

  • Siswa yang memiliki minat dan bakat dalam Bola Voli
  • Siswa yang telah berhasil lulus dalam seleksi
  • Diutamakan siswa dari Kelas X dan XI

 15.Sepak Bola

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/ madrasah. Berdasarkan pengertian di atas menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler untuk membantu pengembangan peserta didik dan pemantapan pengembangan kepribadian siswa cendrung berkembang untuk memilih jalan tertentu.

RB.Cattele (1965) menyatakan bahwa kepribadian seseorang menunjukkan apa yang ingin diperbuat bilamana ia dalam keadaan senang dan ditempatkan pada situasi tertentu. SMKN 4 Garut sendiri sengaja mengarhakan para siswa-siswinya untuk ikut aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai dari upaya pihak membentuk anak didiknya menjadi siswa siswi yang yang memiliki jiwa dan spirit yang tanggung, baik dari segi rohani maupun Jasmani.

Manfaat Ekstrakulikuler Sepak Bola Bagi Perkembangan Peserta Didik

  • Mempererat tali silaturahmi antar peserta didik
  • Menumbuhkan sikap sportifitas dalam kehidupan sehari-hari
  • Mempersiapkan siswa dan sekolah dalam mengikuti O2SN
  • Membiasakan diri untuk berolahraga untuk kesehatan pribadinya
  • Menjaring bibit unggul terutama dalam bidang olahraga.

Berikut beberapa foto kegiatan:

 16.Bulu Tangkis

Ekstrakulikuler badminton adalah salah satu ekskul yang dibina dan di kembangkan di SMKN 4 Garut, badminton/bulu tangkis merupakan salah satu cabang olah raga yang paling banyak digemari oleh siswa siswi di SMKN 4 Garut serta lingkungan masyarakat sekitar pada umum nya. SMKN 4 Garut mencoba mengembangkan ekstrakurikuler Bulutangkis sebagai cabang olah raga unggulan untuk mewadahi siswa siswi nya yang memiliki hobi dan bakat di olah raga tersebut. Ekskul Bulu Tangkis mempersiapkan siswa siswi anggota untuk tidak hanya menguasai permainan bulutangkis, namun juga siap fisik dan mental anak-anak dalam menghapi event event olah raga antar siswa SMK sebagai contoh adalah O2SN tingkat kabupaten yang selalu diselengarakan oleh pemerintah  setiap tahunya dan selalau diikuti oleh siswa siswi SMKN 4 Garut serta event – event olah raga lain.

Tujuan ekskul bulu tangkis adalah sebagai berikut:

  • Menumbuhkan generasi muda yang sportif dan energik
  • Memberikan wadah bagi siswa dan siswi yang memiliki bakat dalam bidang olahraga badminton
  • Membina dan menggalang rasa persaudaraan dan sportivitas
  • Membuka jaringan kerjasama dengan ekstrakurikuler badminton SMK sederajat.

17.Keputrian

Dalam Islam, perempuan adalah sosok yang dimuliakan. Selain menjamin hak-hak perempuan, Islam pun menjaga kaum perempuan dari segala hal yang dapat menodai kehormatannya, menjatuhkan wibawa dan merendahkan martabatnya. Bagai mutiara yang mahal harganya, Islam menempatkannya sebagai makhluk yang mulia yang harus dijaga. Atas dasar inilah kemudian sejumlah aturan ditetapkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala , tentu agar kaum perempuan dapat menjalankan peran strategisnya sebagai pendidik umat generasi mendatang.

Perkembangan zaman dan budaya yang ada secara perlahan berpengaruh pada kondisi muslimah saat ini. Dampaknya terlihat pada pola pikir yang tercermin dalam perilaku bahkan pada pilihan ideologi hidup para muslimah. Kondisi yang sering ditemui saat ini  dan muncul ke permukaan adalah menganggap benar suatu yang sebenarnya salah. Isu-isu yang berkembang berkaitan dengan kewanitaan, seperti feminisme, dan lain-lain yang justru hal tersebut banyak menjadikan seorang muslimah keluar dari fitrahnya.

Hal tersebut terjadi salah satunya karena kurangnya pemahaman muslimah tentang bagaimana Islam mengatur sosok unik yang disebut perempuan. Hal ini memerlukan penyikapan yang serius dalam rangka mewujudkan kondisi ‘ideal’ bagi muslimah sendiri maupun bagi lingkungan muslimah di mana ia tinggal.

Hal tersebut di atas tidak luput dari perhatian SMKN 4 Garut. Diperlukan kegiatan untuk para siswa putri agar terbentuk pribadi yang memiliki kompetensi dalam hal yang bernuansa kewanitaan dan pemahaman sebagai wanita muslimah. Salah satu  cara untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu diadakan Program Keputrian setiap pekan di hari Jum’at ketika para siswa putra sedang melaksanakan sholat Jum’at. Lalu, apa itu keputrian?

Sasaran pembinaan melalui program keputrian siswa putri adalah mendidik para siswa putri agar terampil dan memiliki pemahaman yang baik tentang tugasnya sebagai seorang perempuan menurut Islam. Kegiatan keputrian berusaha mengembalikan fitrah muslimah secara utuh dengan menanamkan nilai-nilai keIslaman dan keterampilan perempuan yang terpadu dalam berbagai macam bentuk kegiatan sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan kegiatan keputrian adalah memberi bekal awal pada siswa putri SMKN 4 Garut mengenai pengetahuan dasar keislaman dalam bidang kajian remaja putri dan mempersiapkan siswa putri SMKN 4 Garut untuk memiliki keterampilan yang harus dimiliki oleh perempuan.

Kegiatan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari cooking class, beauty class, kajian keIslaman, kajian kesehatan reproduksi perempuan, keterampilan menjahit dan lainnya. Kegiatan yang dilakukan disesuaikan dengan minat serta kebutuhan peserta kegiatan keputrian yang dilakukan melalui penjajakan (survey) awal sebelum kegiatan keputrian dilaksanakan. Kegiatan dijalankan oleh tim divisi keputrian ROHIS SMKN 4 Garut dan dibimbing oleh beberapa guru.

18.Multimedia Creative (MMC)

Ekstrakurikuler Multimedia merupakan kegiatan tambahan yang diselenggarakan sekolah untuk mengembangkan bakat dan hobi siswa, terutama dalam dunia desain grafis. Jenis ekstrakurikuler yang beragam diharapkan dapat mewadahi minat dan potensi siswa yang beragam pula.

19.Bandung Karate Club (BKC)

Karate merupakan salah satu seni bela diri yang sudah mendunia. Olahraga ini dikenal berasal dari negeri sakura alias Jepang dan sudah tersebar luas hampir ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Olahraga ini banyak diminati oleh orang untuk mempertahankan diri dari berbagai macam serangan berbahaya yang biasanya terjadi di jalanan. Bukan hanya itu, karate banyak dipilih karena termasuk salah satu jenis olahraga yang memiliki manfaat untuk menjaga kebugaran jasmani juga.

Salah satu tempat latihan bela diri Karate di Kecamatan Karangpawitan, Dojo Baraya, SMKN 4 Garut. Bela diri ini selain diikuti oleh siswa dari SMKN 4 Garut juga diikuti oleh siswa SMP dan SD yang ada di sekitar. Meskipun di tahun 2022 Karate SMKN 4 Garut tidak mendapatkan juara tapi semangat siswa dalammengikuti latihan tetap terjaga.

20.Tarung Darajat (Boxer)

Sebagai salah satu seni bela diri, Tarung Derajat cukup banyak menarik minat masyarakat di Indonesia hingga berkembang di banyak daerah.

Gerakannya yang penuh dengan teknik, serta full body contact membuat para atletnya memaksimalkan kemampuan olah tubuh dalam mengalahkan lawan. Kendati demikian terdapat prinsip unik yang dibawa oleh sang pelopor bernama Achmad Drajat atau yang lebih dikenal Aa-Boxer, yakni ‘memanusiakan manusia’.

Penguasaan tarung derajat terdiri atas ilmu, tindakan moral dan sikap hidup yang memanfaatkan kemampuan melalui keterkaitan antara daya gerak otot, otak dan nurani sehingga tetap melindungi tanpa melukai.

 

Peliput : Wida Heryani

Data Profile : SMKN 4 Garut

Editor&Penyunting : Wishnoe Idha Noor

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *