Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta Menghibur Warga Sekaligus Menguntungkan Pelaku Usaha

Share posting

Oleh: Nurlaela

Atraksi Tarian Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Kabupaten Purwakarta, Sabtu (05/08). (Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

grahbignews.com, Purwakarta –  Ribuan warga yang hadir  disekitaran Situ Buleud Kabupaten Purwakarta dari berbagai daerah, menguntungkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang laris manis jualan produknya, Sabtu malam (05/08/2023).

Mereka dapat menikmati dan bergembira bersama Arman Maulana, Vokalis Band Gigi dengan lagu-lagu yang dibawakannya, sekaligus menyaksikan kemegahan dan keindahan berbagai atraksi tarian Air Mancur Sri Baduga, menghias malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Purwakarta ke-192 dan Kabupaten Purwakarta ke 55.

Semua lagu yang dibawakannya, membuat banyak penonton larut ikut berjingkrak kegirangan dan tepuk tangan, semakin menyemarakan atraksi pertunjukan yang di gelar dua sesi, masing-masing berlangsung 17 menit.

Warga melihat langsung tarian air mancur terbesar di Asia Tenggara itu, di iringi lagu-lagu nusantara seperti Jali-jali dari Betawi, Manuk Dadali dari Jawa Barat, Ampar-ampar Pisang Kalimantan Selatan dan Sajojo dari Papua.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, pertunjukan Air Mancur Sri Baduga berlangsung sukses dan meriah.“Kegembiraan malam ini adalah milik semua masyarakat Purwakarta,” ucapnya

“Terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberikaan kebahagian malam ini, acara berjalan lancar dan sukses, ini berkat kerjasama semua pihak yang turut serta mensukseskan acara ini, khususnya TNI-Polri yang selalu bersama-sama menjaga menjaga keamanan dan ketentraman di Purwakarta,” ujar Bupati Anne usai pertunjukan berlangsung.

Lagu-lagu daerah dalam pertunjukan air Mancur Sri Baduga tersebut melambangkan spirit keragaman yang menjadi identitas masyarakat Purwakarta dan Indonesia. “Keragaman itu melambangkan masyarakat kita yang majemuk dan beragam, keragaman itulah yang membuat kita kuat dan membuat indah seperti warna-warna air mancur Sri Baduga,” pungkas  Anne.

(Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

Wisatawan yang datang ke Purwakarta malam itu, selain disuguhi pertunjukan air mancur, bisa menikmati jajanan tradisional dan modern yang di jajakan  para pedagang Wisata Kuliner Car Free Night. Diantaranya, Sate Maranggi, Bakakak (ayam bakar khas sunda), makanan serta minuman siap saji lainnya dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebanyak 120 pelaku usaha.

Bupati Anne juga menjelaskan, banyaknya para wisatawan yang menyaksikan Air Mancur Sri Baduga di prediksi akan membantu meningkatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Purwakarta.

“Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga bisa membantu menggerakan ekonomi rakyat, para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Purwakarta, yang muaranya pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Anne.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Acep Yuli Mulya mengatakan, pada penyenggaraan Air Mancur Sri Baduga tersebut, Dispora Parbud menyediakan 8500 tiket gratis.

Acep menjelaskan, awalnya sebanyak 5.000 tiket yang disebar di dua tempat, yakni Kantor Radio Pro 93.1 FM dan Galeri Menong Gandanegara, serta seribu tiket online di Aplikasi Ogan Lopian.

Karena tingginya antusiasme pengunjung yang tinggi, Acep melanjutkan, Pihaknya menambah 2500 tiket gratis yang di distribusikan di dua tempet itu. “Antusias masyarakat yang tinggi kami menambah 2500 tiket gratis. total pada pertunjukan hari ini pengunjung air mancur Sri Baduga sebanyak 8500 orang,” ujarnya.

Atraksi air mancur bergoyang itu ternyata bayak dihadiri pengunjung dari berbagai derah, seperti Karawang, Subang, Bekasi, Bandung bahkan dari Jakarta. Masyarakat luas bisa melihat pertunjukan di platform media seperti Youtube dan Instalgram.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *