“MARAG” Salurkan 72 Paket Sembako

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Penyerahan Baksos dari MARAG kepada masyarakat di Kampung Cihalimun, Desa Sukatani, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jum’at (08/09/2023). (Foto : M. Azi Zulhakim & Febri Noptageri/Diskominfo Kab. Garut-grahabignews.com).

Grahabignews.com. Garut – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, yang tergabung dalam Motor Aparatur Pemda Garut (MARAG), menggelar aksi Bakti Sosial (Baksos) dengan memberikan bantuan kepada masyarakat di Desa Sukatani dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jum’at (08/09/2023).

Aksi Baksos MARAG yang dipimpin Ketua MARAG, Dang Sani dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut.

MARAG, sebuah wadah komunikasi antara pegawai ASN Kabupaten Garut yang memiliki minat terhadap kendaraan roda dua dan empat, tidak hanya memupuk sinergitas internal, tetapi juga menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Garut tanpa memandang latar belakang suku, ras, agama, dan golongan.

Sekda Nurdin Yana, memberikan apresiasi tinggi terhadap aksi Baksos MARAG. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk nyata dari pelaksanaan perintah dari pimpinan yang ada di Pemkab Garut. Lebih lanjut, Nurdin menyebut bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari kerja keras anggota MARAG yang dengan ikhlas memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Mungkin hari ini sedang ada dalam kegalauan, karena tidak ada kepastian, terlebih hari ini kita tahu bahwa dengan panjangnya kemarau tentu akan berpengaruh kepada bagaimana (kebutuhan) keseharian mereka,” ujar Sekda.

Baksos ini juga dipandang sebagai ekspresi dari kepedulian semua pihak. Kendati diinisiasi oleh MAPAG, kegiatan ini mewakili Pemkab Garut, dan diharapkan akan memberikan citra positif bagi pemerintah. Sekda juga berharap agar kegiatan semacam ini bisa menjadi rutinitas bagi MARAG dalam membantu masyarakat Garut.

Ketua MARAG, Dang Sani Imansyah, menjelaskan, aksi ini adalah upaya para ASN di Pemkab Garut untuk membantu mengatasi kemiskinan ekstrem di daerahnya. Sebanyak 70 personel MARAG turut serta dalam penyerahan bantuan kepada masyarakat di Kampung Cihalimun Desa Sukatani dan Kampung Cinumpang Desa Mekarsari. Bantuan yang disalurkan berupa 72 paket sembako, termasuk beras dari Bupati Garut dan jajaran.

Ia juga berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan oleh MARAG, guna membantu masyarakat Kabupaten Garut yang membutuhkan.

“Ya harapannya selain membantu pemerintah, yang paling utama adalah membantu masyarakat miskin yang terdampak kekeringan hari ini, ya mudah-mudahan dengan adanya ini bisa membantu meringankan (beban) masyarakat yang notabenenya pendapatannya di bawah rata-rata,” harapnya.

Camat Cilawu, Anas Aolia Malik, mengucapkan terima kasih atas kehadiran MARAG dan bantuan yang diberikan kepada warganya. Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya karena Desa Sukatani dan Desa Mekarsari terpilih menjadi lokasi pertama aksi Baksos MARAG, menggambarkan sikap hormat dan nilai-nilai peradaban yang tinggi dari masyarakat Garut.

“Kusabab sakitu layak jeung pantes, lamun urang ngahaturkeun nuhun ka sadayana, di samping eta nembongkeun kumaha cara urang urang Cilawu, anu sok hormat ka semah, osok menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban urang, ngalaksanakeun parentah agama jeung parentah nagara, (Oleh karena itu, layak dan pantas jika kita mengucapkan terima kasih kepada semua, di samping itu juga (kita) perlihatkan bagaimana cara kita orang Cilawu, yang suka menghormati tamu, suka menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban kita, (dan) melaksanakan perintah agama dan juga perintah negara),” tandasnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *