Tanggap Darurat Berakhir, Pemkab Sumedang Optimalkan Penyaluran Bantuan di Masa Pemulihan

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Konferensi Pers Tanggap Darurat Bencana Gempa Sumedang. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Sumedang – Berakhirnya Status Tanggap Darurat Gempa Sumedang, aktivitas dikembalikan seperti biasa. Pemkab Sumedang akan fokus pada masa pemulihan pascabencana gempa, dimana penanganannya saat ini masuk tahap masa transisi, rekonsiliasi dan rekonstruksi.

“Saat ini intesitas gempa semakin menurun. Berdasarkan pertimbangan tersebut, masa tanggap darurat berakhir dalam tujuh hari dan sekarang masuk masa transisi  rekontruksi dan rekonsiliasi,” kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat memberikan keterangan Pers di Gedung Negara, Senin (8/1/2024).

“Asesmen dan uji petik kerusakan tahap pertama  terhadap kerusakan bangunan rusak berat dan sedang telah diselesaikan pada hari Senin ini. Sementara untuk yang rusak ringan akan dituntaskan sampai tanggal 10 Januari 2024,” katanya.

Adapun, asesmen dan uji petik tahap II kerusakan bangunan rumah hunian, perkantoran, fasilitas sosial dan fasilitas umum akan dilanjutkan di masa transisi sampai tanggal 31 Januari 2024.

“Proses penyaluran bantuan akan terus dioptimalkan di masa transisi baik bersumber dari pemerintah pusat, sumbangan maupun belanja tidak terduga (BTT) APBD,” tuturnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Menurutnya, selama masa transisi ini pengambilan data oleh pihak BMKG akan terus berlanjut supaya rekomendasi penanganan bencana untuk Kabupaten Sumedang bisa komprehensif.

“Di masa transisi tenda tenda pengungsian dan dapur umum akan dibongkar sehingga masyarakat bisa menjalankan aktiviras normal seperti biasa kecuali tenda darurat di halaman RSUD sementara akan dipasang untuk 1 bulan ke depan,” ujarnya.

Hal senada, disampaikan Dandim 0601 Letkol Inf Gordon Rambu, bahwa pengakhiran masa tanggap darurat gempa ini sudah sangat layak untuk dilakukan dan beralih ke masa transisi pemulihan.

“Saya mengapresiasi, semua pihak dalam penanganan bencana gempa bumi Sumedang, mulai dari penentuan status terhadap lokasi kerusakan, sumber daya, penyelamatan atau evakuasi dan perlindungan serta pemenuhan kebutuhan dasar dan upaya pemulihan,” ungkapnya.

“Terimakasih kepada semua pihak baik TNI, Polri, dan Pemda serta para relawan atas kesigapannya dalam penanganan bencana di Sumedang. Semua sudah sangat komprehensif dan kondusif,” ditambahkan Gordon.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *