Program Harian SDN 6 Regol, Pembiasaan Budaya Positif dalam Upaya Menciptakan Profil Pelajar Pancasila

Share posting

Wawancara Eksklusif

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd

Ibu Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M. bersama seluruh jajarannya di SDN 6 Regol Garut Kota (foto istimewa-grahabignews.com)

Grahabignews.com. Garut – Keberadaan SDN 6 (10) Regol Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, tidak diragukan lagi. Mengingat, bahwa sekolah tersebut merupakan sekolah Penggerak juga syarat dengan berbagai prestasi.

Hal itu tentu saja tak lepas dengan tata kelola sekolah itu sendiri di bawah pimpinan Ibu Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M., yang telah bekerja keras bersama para staff jajarannya yang solid serta membangun komunikasi dengan para orang tua peserta didik melalui Komite Sekolah, dan semua pihak. Keberhasilannya menjadi seorang menejerial di sekolah yang di pimpinnya, tak membuat cepat puas hati terlebih tinggi hati, jalinan komunikasi yang harmonis guna akselerasi mewujudkan program kerjanya terus dibangun dengan baik.

Alhamdulillah, SDN 6 Regol ini merupakan Sekolah Penggerak, dan secara historis, bahwa sebelumnya sekolah yang di pimpin oleh Ibu Ema  adalah SDN 10 Regol, namun setelah dimarger namanya menjadi SDN 6 Regol.

Kepala Sekolah SDN 6 Regol Kecamatan Garut Kota, Kab. Garut, Ibu Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M (foto istimewa-grahabignews.com)

Menurut Ibu Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M., bahwa di SDN 6 Regol,  memiliki Program Harian mulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu, yang diberi judul “Pembiasaan Budaya Positif di SDN 6 Regol dalam Upaya Menciptakan Profil Pelajar Pancasila”

Dirinya menjelaskan secara runut, program harian tersebut diantaranya;

Senen,

Ngawanohkeun Etika (jenis kegiatannya menyambut kedatangan peserta didik dengan 5S Senyum Sapa Salam Sopan dan Santun, Mengenalkan Etika Tata Upacara, etika di dalam kelas,etika terhadap guru, dan sesama temannya).

Hari Selasa (Salasa),

Maca (jenis kegiatannya membaca buku bersama 15 menit sebelum Pembelajaran dimulai, Readathon atau membaca marathon yang melibatkan seluruh warga sekolah, berkunjung ke perpustakaan daerah),” ungkapnya.

Rebo (Rabu)

Gotong royong tur Ngalongok kebon (jenis kegiatannya sebelum pembelajaran dimulai seluruh peserta didik bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, dilanjutkan menengok kebun sekolah utk merawat tanaman), masih kata dia.

Sedangkan hari Kemis (Kamis),

Silih Asih (Jenis kegiatannya Seluruh Peserta Didik membawa bekal dari rumah kemudian sarapan bersama di sekolah saing berbagi dan saling mencicipi dengan temannya).

Hari Juma’ah (Jumat),

Ibadah Ngala Berkah tur Sehat (Jenis Kegiatannya Shalat Duha berjamaah, senam bersama, dan mengumpulkan infak shodakoh seridhonya untuk membantu teman yang membutuhkan,menengok teman yang sakit dll).

Hari Saptu (Sabtu),

Motekar (Jenis kegiatannya dipusatkan pada P5 Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila),” jelasnya.

Ketika disingung GrahaBigNews, tujuan di adakannya kegiatan tersebut?

Ibu Ema menjelaskan kembali, bahwa tujuan diadakan Program Harian di sekolah kami yang diberi judul “Pembiasaan Budaya Positif di SDN 6 Regol dalam Upaya Menciptakan Profil Pelajar Pancasila” yaitu agar tercipta Profil Pelajar Pancasila yang memiliki 6 dimensi.

“Ke 6 dimensi itu, diantaranya beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Mandiri, Gotong royong, berkebhinekaan global, kreatif dan bernalar kritis,” tandasnya.

Sambung dia, dari program tersebut mempunyai sasaran, tentu saja seluruh Peserta Didik khususnya,  umumnya seluruh Warga Sekolah.

Bagaimana tanggapan siswa, orang tua siswa, dan juga guru untuk kegiatan ini?

Menurutnya, bahwa Program Harian ini merupakan hasil musyawarah dan diskusi yang melibatkan Kepala Sekolah, Guru, Komite, dan perwakilan Peserta Didik. “Setelah disepakati bersama kemudian disosialisasikan kepada seluruh Peserta Didik dan Orang Tua, dan mereka semua sangat mendukung dengan program kami,” ujarnya.

SDN 6 Regol ini merupakan sekolah Penggerak angkatan 2, Guru penggerak angkatan 1 ada satu orang dan sudah menjadi Kepala Sekolah.

Dengan sigap, komunikatif, rendah hati meski sekolah yang di pimpinnya merupakan sekolah yang berkredible dan syarat prestasi, namun Ibu Ema tak sungkan selalu membuka diri dan berkesudian berbagi pengalaman agar sekolah-sekolah lainnya juga turut maju.

“Untuk Guru penggerak angkatan 7, ada 2 orang sudah pada lulus. Guru penggerak angkatan 9, ada 2 orang masih dalam prosés, dan Guru penggerak angkatan 10, 1 rang baru akan proses,” jelasnya.

Jumlah Guru yang berada di SDN 6 Regol lanjutnya, semuanya ASN berjumlah 11 orang, diantaranya  7 orang PNS, dan 4 orang P3K.

Untuk mewujudkan akselerasi P5 Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 6 Regol Kecamatan Garut Kota ini, pihaknya melakukan kerjasama dengan para orang tua peserta didik, Kejaksaan Negeri, Polres, Dipusip, Disduk Capil, Disparbud, dan Puskesmas.

“Alhamdulillah dengan membangun komunikasi dan bersinergi dengan semua pihak, sekolah kami bisa menerapkan program harian dengan baik,” ucapnya.

Diakhir percakapan kami, selaku Kepala Sekolah SDN 6 Regol, Ibu Ema Nurjamilah berharap bahwa ke depannya untuk Kegiatan ini agar menjadi habituasi (Membudaya) bagi seluruh warga sekolah, sehingga dapat terwujud Profil Pelajar Pancasila lulusan SDN 6 Regol.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *