Pemerintah Daerah Imbau Warga Turut Andil Pelihara Jalan

Share posting

Oleh: M Sandus S

(Foto: M Sandus S – grahabignews.com)

 

Grahabignews, Tasikmalaya – Pemerintah daerah menghimbau masyarakat turut memelihara jalan agar usianya tahan lama. Turut membersihkan saluran irigasi dari lumpur bisa jadi solusi menjaga jalan dari kerusakan parah.

“Paling upaya sederhana bisa dilakukan masyarakat pelihara drainase kalau ada lumpur coba angkat supaya air tidak masuk ke jalan karena air rusak aspal,” kata Aam.

Sebelumnya, sejumlah titik di Jalan Raya penghubung Singaparna-Ciawi (Cisinga), Kabupaten Tasikmalaya mengalami kerusakan parah. Bahkan, di Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang beberapa titik jalan menyerupai kolam ikan.

Seluruh bagian jalan berlubang dan dipenuhi genangan air. Kedalaman kubangan air di jalan hampir setengah ban kendaraan mini bus. Sebagian lagi menyisakan bebatuan tanpa tersisa aspal sedikit pun.

Alhasil, kendaraan roda dua dan tiga yang melintas harus ekstra hati-hati. Laju kendaraan menjadi pelan karena khawatir terjerembab kedalam kubangan.

“Saya rumah depan jalankan, jalanya berlubang kayak kolam ikan kalau hujan. Tinggal ditabur ikan lele,” kata Dede, warga Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (22/1/24).

Ahmad, warga lain menyebut kerusakan jalan sangat memberatkan dan menghambat aktivitas, baik dari bidang ekonomi, mau pun lainnya.

“Tentu ini menghambat perekonomian, dengan jalan rusak ini kita harus berhati-hati melewatinya,” kata Ahmad.

Ahmad berharap, ada langkah yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut. Sehingga warga bisa merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas. “Harapan kami bisa segera diperbaiki,” ujar Ahmad (warga).


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *