Absensi Digital Pembelajaran Demi Kemajuan Pendidikan

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat & Rudi Herdiana

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Sukakarya 1 Kel. Sukakarya Kec. Tarogong Kidul, Bambang T Nugraha. (Foto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Garut – Di era digitalisasi kalangan pendidikan, terutama Kepala Sekolah dan para Guru di Kabupaten Garut mulai menerapkan absensi digital berbasis smartphone  dengan link: http://bit.ly/daftarhadirdisdik1_verifikaturyedi. Meskipun masih tahap uji coba, namun responshif cukup memuaskan, khususnya di wilayah perkotaan.

Seperti diutararakan Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Sukakarya 1 Kel. Sukakarya Kec. Tarogong Kidul, Bambang T Nugraha bahwa khususnya di Kec. Tarogong Kidul mungkin tidak ada kendala dengan absensi digital melalui smartphone.

Mungkin, tambah Kepsek, ada beberapa kendala yang dialami, terutama bagi Kepala Sekolah dan Guru yang berada di Garut selatan. Pasalnya, dengan basis smartphone, sangat tergantung dengan jaringan internet, sementara di beberapa daerah wilayah Garut selatan, jaringan internet jelek.

“Kalau internetnya jelek, baik pengaruh daerah maupun cuaca ditambah media (Telephone selular) masih 3G, akan sulit saat mengisi absen. Tentu ini harus menjadi pertimbangan pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Garut,” jelas Bambang.

Tampilan Pertama Absensi Digital Pendidikan.

Memang, di akui Kepsek, ini merupakan suatu pembelajaran demi perbaikan dunia pendidikan, bahwa kita harus menghargai waktu. “Perubahan regulasi tata tertib yang harus dilaksanakan oleh para ASN. Hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan kerja, mulai saat masuk kerja sampai jam pulang,” imbuhnya.

Karena regulasi ini masih baru, sehingga ada sedikit kesulitan karena harus mengisi form secara lengkap, mulai nama lengkap, NIK sampai pangkat/golongan bahkan harus ada photo selfie. Sisi lain, waktu absensi terbatas, jika melebihi batas waktu secara otomatis tidak dapat diakses.

Diharapkan Bambang, aplikasi absensi tersebut dapat ditingkatkan lagi dan lebih dipermudah lagi, khususnya dalam pendataan atau form isian. “Sekarang ketika mau absen, harus menulis data secara lengkap kembali, jadi kurang efektif,” pungkasnya.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *