BANGGA MENJADI INSAN BADEWA

Share posting

Batur arek urang anggeus

Orang lain baru rencana, kita sudah melakukannya

Artikel Eksklusif

Oleh : H Derajat

H Derajat (foto istimewa-grahabignews.com)

Musuh anu kalintang bahaya di dunya iéu nyaéta rarasa’an siéun saréng hariwang. Sedéungkéun reréncangan anu kalintang satia nyaéta kayakinan saréng kawanian urang.

Musuh yang sangat berbahaya di dunia ini yaitu perasaan takut dan khawatir. Sedangkan teman yang sangat setia adalah keyakinan dan keberanian kita.

Perguruan Silat Badewa adalah sebuah perguruan Silat yang berakar dari Seni Bela Diri Tatar Pasundan warisan dari Karuhun asli tanah Sunda yang kemudian menjadi Bela diri yang dipergunakan dalam membela Syiar Agama dan Perjuangan Bela Negara yang sudah berdiri dan berkembang puluhan tahun sejak pra kemerdekaan.

Selaku Pembina dan Penasehat di Perguruan Silat ini saya menekankan kepada Ketua Perguruan untuk lebih berkiprah dalam Bela Diri, Bela Negara dan Bela Bangsa ketimbang ikut-ikutan larut dalam dunia perpolitikan.

Perguruan harus menjunjung tinggi Motto Negara Tentrem Kerta Raharja artinya negara damai berakibat negara yang makmur. Perguruan wajib mempunyai tujuan Negara yang Gemah Ripah Loh Jinawi artinya negara yang subur makmur dan rakyatnya tenteram.

Namun demikian kita juga harus mempunyai prinsip bahwa kita bukan Pesilat kelas teri yang diam bila Negara dan Bangsa kita terusik, maka Badewa harus menjadi yang terdepan membelanya. Semua kepandaian bersilat harus terus digali dari warisan karuhun-karuhun kita.

Badewa mengucapkan banyak terima kasih atas kiprah dan arahan dari Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan dan Brigjen TNI Dedy Agus Purwanto maupun Brigjen TNI Danny Gautama yang selama ini tidak bosan membimbing Badewa sehingga menjadi Seni Bela Diri Martial Art yang mumpuni.

 

Profile Perguruan Silat Badewa

Tutorial dalam gerakan menyerang

Usik Badewa

Badewa banyak berkembang di akar rumput maka dari itu kesulitan rakyat merupakan kesulitan Badewa, dengan segala kemampuan ekonomi yang masih terbatas, Badewa masih bisa memperhatikan masyarakat sekelilingnya.

Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing, walau tidak berlari tapi jangan diam !!!.

Badewa berbagi kebaikan part 1

Badewa berbagi kebaikan part 2

 

Badewa berbagi kebaikan part 3

Badewa berbagi kebaikan part 4

Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!, jangan sekali-kali menyerah kalo dalam dirimu masih ada rasa sanggup !!!

Demikian sebuah perkenalan singkat Perguruan Silat Badewa yang berjalan bersama dengan Pasulukan Loka Gandasasmita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *