DI Cadas Gantung Miliki Nilai Tambah Bagi Warga

Share posting

Oleh: Gun Gun Imat

Dindin Saepudin selaku Kades Ciburuy Bersama Kabid SDA pada Dinas PUPR Garut, Edy Kuntoro. (Foto: Gun Gun Imat – grahabignews.com)

 

Garut – Kunjungan yang dilaksanakan Dinas PUPR melalui Kabid SDA, Edy Kuntoro ke Daerah Irigasi (DI) Cadas Gantung di Desa Ciburuy Kec. Bayongbong, disambut baik oleh Kepala Desa Ciburuy.

Dikarenakan, dengan hadirnya unsur pemerintah tersebut, pihak desa dapat menyampaikan aspirasinya guna menata kawasan DI Cadas Gantung.

Dikatakan Dindin Saepudin selaku Kades Ciburuy, bahwa pihaknya berharap keberadaan DI Cadas Gantung lebih bermanfaat dalam menunjang perekonomian masyarakat.

“Ada beberapa rencana program yang berkaitan dengan irigasi, kebetulan DI Cadas Gantung mencakup beberapa desa yang memanfaatkan air dari DI Cadas Gantung,” tutur Kades, Rabu (01/06).

Kenapa tidak, lanjut Dindin, apabila lokasi Bendung Cadas Gantung menjadi lokasi jalan wisata atau wahana jogging track.

(Foto: Gun Gun Imat – grahabignews.com)

Tujuannya, ingin saluran irigasi ini lebih bermanfaat dan bisa memberdayakan masyarakat untuk peningkatan ekonomi. “Kalau tidak ada kerjasama dengan semua pihak, tentu tidak akan tercapai,” imbuhnya.

“Saya akan mencoba bekerjasama dengan desa lain, dan juga pemerintah dalam hal ini Dinas PUPR Garut untuk membenahi DI Cadas Gantung agar lebih bermanfaat dan ada nilai tambah dalam peningkatan ekonomi warga selain dari pertanian dan budidaya ikan,” tutur dia.

Kades berharap, semoga apa yang direncanakan dan cita-citakan didukung semua pihak, baik Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup untuk penanganan sampahnya, terutamapara pemangku kebijakan.

“Mudah mudah bisa secepat mungkin dilakukan penataan DI Cadas Gantung menjadi tempat wisata, tapi tidak mengganggu terhadap akses pertanian dan lainnya,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *