SMPN 2 Banyuresmi Butuhkan Alat-Alat Kesenian Guna Kelancaran Program Ekstrakurikuler Dan Daya Dorong Minat Sekolah Siswa Berkreasi

Share posting

Eksklusif Dari Redaksi GrahaBibNews

Oleh : Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd

SMPN 2 Banyuresmi Butuhkan Alat-Alat Kesenian Guna Kelancaran Program Ekstrakurikuler Dan Daya Dorong Minat Sekolah Siswa Berkreasi 9foto file grahabignews.com)

Garut – Keberadaan suatu lingkungan sekolah, baik dari fasilitas bangunan yang memadai, tenaga kependidikannya yang mumpuni, dan program-programnya, serta kapasitas dari peserta didik yang ada di sekolah tersebut, di tambah dengan visi dan misinya yang jelas, adalah acuan dari keberhasilan dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

foto oleh Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd.-grahabignews.com

Hal ini sesuai dengan landasan hokum berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 dan PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, tentang Standar sarana dan prasarana untuk sekolah SD/MI, SMP/Mts/SMA/MA yang memadai.

Dari Redaksi GrahaBigNews, Kamis (05/3) mentransformasikan informasi untuk pembaca budiman terkait keberadaan SMPN 2 Banuresmi yang berada di kawasan KH. Umar Basri No. 696, Kp. Cikarokrok Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi  Kabupaten Garut.

foto oleh Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd.-grahabignews.com

Visi SMPN 2 Banyuresmi yaitu BERIMAN, singkatan dari :

Ber    = Berperilaku Islami

I         = Intelektual tinggi

M       = Mandiri

A        = Amanah

N        = Nuansa Harmonis

 

Sedangkan Misinya yaitu ;

a.Mewujudkan penanaman perilaku Islami

b.Mewujudkan Proses Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan (PAIKEM)

c.Mewujudkan warha sekolah yang jujur, bertanggungjawab, berani, disiplin, amanah, berwawasan luas

d.Mewujudkan lingkungan sekolah yang harmonis, asri, aman, dan kondusif melalui pendekatan kekeluargaan dengan prinsif saling asih, asah, dan asuh diantara sesame warga sekolah,

e.Mewujudkan sarana prasarana perangkat administrasi dan  managemen sekolah yang lengkap

f.Mewujudkan tenaga kependidikan yang berkualitas

g.Mewujudkan sekolah yang kondusif dalam penelitian dan pengembangan karya ilmiah.

Kepala Sekolah SMPN 2 Banyuresmi, Drs. Edi Supriatna, MA. (foto file Ibu Sadiah-grahabignews.com)

Harapan Kepala Sekolah SMPN 2 Banyuresmi, Drs. Edi Supriatna, MA., melalui Bendara, Ibu Sadiah, M.Pd., bahwa dengan keberadaan sekolahnya dapat meningkatnya prestasi siswa SMP 2 Banyuresmi,  baik bidang Akademik atau non Akademik, Ingin menjadikan anak- anak  lebih berkarakter, dan pihak yang terkait membantu dalam pengadaan  alat-alat  kesenian yang rusak, dampak dari musim banjir bandang, agar kegiatan ekstra kurikuler dapat lebih optimal.

“Mudah-mudahan dengan diperbaikinya alat-alat kesenian tersebut, ini selain untuk menggali potensi dan kreasi dalam kesenian, selain itu bisa menjadi daya dorong bagi peserta didik dan orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah Kami,” tandas Edi.

SMPN 2 Banyuresmi dengan jumlah Guru 24 orang sesuai yang tertera dan tercatat dalam Dapodik, terdiri dari 2 PNS, 3 GTT. Sedangkan luas bangunan sekolah tersebut yaitu 6000 M, terdiri dari 18 Ruang Kelas yang resperentatif dengan jumlah Rombel 11, serta jumlah peserta didik/siswa yaitu, 313.

Program rutin yang selalu dilaksanakan di SMPN 2 Banyuresmi, di dalam pencapaian Visi dan Misinya, diantaranya ada program yang bersfat pembiasaan, diantaranya kegiatan rutin pembentukan karakter, yaitu

1.Gerakan embun pagi,

2.Kegiatan sholat Dhuha setiap hari Selasa dan Jum’at, 3.Kegiatan literasi ( Rabu)

  1. Kegiatan peduli lingkungan ( Rabu)
  2. Kegiatan jumat berkah berbagi
  3. Santunan anak yatim ( 10 Muharam)

Kegiatan ekstrakurikuler

  1. Marawis

2 . Tari

  1. Paduan suara
  2. PMR / UkS
  3. Keputrian
  4. Silat
  5. Voli ball
  6. Paskibra

Semua program tersebut, menurut Edi Supriatna di damping Ibu Sadiah, sudah berjalan sampai sekarang dan Alhamdulillah baik Guru dengan peserta didik, Ketua Komite serta lingkungan dimana sekolah berada, terjalin harmonisasi dan sinergi yang baik.

Hanya saja lanjutnya, masih terkendala dengan sarana prasarana pengadaan  alat-alat  kesenian yang rusak, dampak dari musibah banjir bandang. Pihak kami mohon agar untuk sarana tersebut, bisa segera diperhatikan, agar kegiatan ekstra kurikuler dapat lebih optimal, pungkas Kepsek SMPN 2 Banyuresmi yang diamini oleh Ibu Sadiah.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *