Kodim 0610/Sumedang Laksanakan Program Komsos Bagi Keluarga Besar TNI

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

Kodim 0610/Sumedang Laksanakan Program Komsos Bagi Keluarga Besar TNI (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0610/ Sumedang, sedang giat- giatnya melaksanakan salah satu program Komunikasi Sosial (Komsos), Tri Wulan I TA. 2020, dalam rangka Pembinaan bagi Keluarga Besar TNI (KBT) di wilayahnya. Bertempat di Aula Makodim 0610/Sumedang,  berlokas di Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Pada hari Jum’at (06/03).

Acara tersebut, dibuka langsung oleh Dandim 0610/ Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah, S.E., M.Tr (Han) yang di dampingi Kasdim 0610/Sumedang Mayor Inf Anang Pramudiyanto, S.Sos, Pasi Intel Kodim 0610/Sumedang Kapten Arm Alit Efendi, beserta Pasilog Kodim 0610/Sumedang Kapten Arh Ateng Jaelani. Dan turut hadir pula sebagai narasumber Danramil 1005/ Cikeuruh Kapten Inf lilo Witjaksono dan Danramil 1006/ Rancakalong Kapten Arh Rusnendi. Dengan sasaran Pembinaan yang hadir diantaranya : PPM, HipakAD, KB FKPPI dan GM FKPPI.

Dalam sambutannya Dandim 0610/Sumedang mengatakan, kegiatan Komsos ini terselenggara sebagai ajang komunikasi dan shilaturahmi antara Kodim 0610/Sumedang dengan Keluarga Besarnya. Merupakan sarana pembinaan bagi KBT, untuk di didik berperan serta membantu pembangunan Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan disegala bidang. Dan menangkal segala macam potensi yang akan membahayakan, sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI tercinta.

Dandim berpesan didalam sambutannya, antara lain : agar seluruh Keluarga Besarnya berperan aktif didalam penanggulangan dampak bencana, berantisipasi dari ancaman wabah penyakit seperti virus Corona yang sekarang sedang viral dan menciptakan situasi keamanan Sumedang yang kondusif didalam menjelang Pilkades serentak mendatang.

Sisi lain, Kapten Lilo didalam pembahasan materinya menyampaikan, kiat- kiat dasar Bela Negara dengan landasan Yuridis UUD 1945 dimana menurutnya (pasal 27 ayat 3) UUD 1945, menyatakan :   “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”

Hal serupa diungkapkan Kapten Arh Rusnendi, dalam tema materinya tentang Manajemen Penanggulangan Bencana, yang diakibatkan Alam dan ulah Manusia itu sendiri.

Ia mengajak semua kalangan dari Keluarga Besar TNI agar Sigap ikut serta didalam membantu dan meringankan beban warga masyarakat yang terkena musibah dampak bencana Alam,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *