DIRGAHAYU PASULUKAN LOKA GANDASASMITA KE-27

Share posting

Artikel Eksklusif

Oleh : H Derajat

R. Soma dan istri (Siti Maemunah), kakek merangkap Guru Tasawuf pertama H Derajat (foto file Pasulukan Loka Gandasasmita-grahabignews.com)

Kepada segenap Pengurus, Para Ustadz, para anggota dan seluruh pihak yang telah turut serta berjuang bersama dalam pendirian maupun mempertahankan Budaya Nusantara serta turut serta mengembangkan ajaran Tarekat Syathariyyah dan Qadiriyyah yang tergabung dalam wadah Pasulukan Loka Gandasasmita; dengan segala kerendahan hati saya (H Derajat) selaku Ketua mengucapkan banyak terima kasih.

Pasulukan Loka Gandasasmita didirikan oleh saya (H Derajat) atas restu dan perintah dari Mursyid kami yang mulia Kiai Muhammad Arjaen dan KH Haroun Al Rashid (Syeikh Rahmatullah) tepat tanggal 1 Mei 1993 di Garut Jawa Barat.

Sebagai murid yang hina dan dlaif dihadapan Mursyid-mursyidnya yang agung, tentunya banyak kekurangan dalam penyebaran ajaran yang diamanahkan oleh Mursyid kami dan mungkin juga banyak tindak tanduk kami yang tidaklah mencerminkan kemuliaan akhlak. Untuk itu kami memohon maaf kepada Mursyid-mursyid pendahulu kami juga kepada semua pihak yang berhubungan akrab dengan kami hingga Pasulukan saat ini berusia 27 tahun.

Syarat mutlak untuk mendirikan Peguron tarekat tentunya wajib mempunyai Sanad Silsilah ajaran yang bersambung kepada Rasulullah SAW dan wajib menyebarkan kecintaan kepada Allah dan RasulNya melalui Mursyid-mursyidnya demikian juga Pasulukan Loka Gandasasmita mempunyai Mursyid yang merupakan mata rantai Silsilah yaitu Sunan Gunung Jati, Sunan Wahdat, Sunan Kalijaga, Syeikh Sunan Sawiji, Syeikh Abdu Rauf Fanshuri, Syeikh Abdul Muhyi Pamijahan,Teuku Lebai Bidin, Syeikh Tok Pulau Manis, Syeikh Abdul Qadir Jaelani, yang tersambung dari beberapa tali silsilah sehingga kepada kami yang dlaif dihadapan guru-gurunya ini.

Akhirul kalam kami angkat kedua tangan kami untuk bermunajat kepada kemuliaan Allah :

Sahabatku yang ku kasihi, dalam kesendirianmu ambillah waktu pribadimu, biarkanlah yang tersisa hanya engkau dan Tuhanmu. Angkatlah do’a munajat ini dengan segala kerendahanmu di hadapan Tuhanmu, rasakanlah Dia yang memiliki dirimu itu benar-benar mendengar doa mu, mengabulkan permintaanmu dan membelai kepala mu dengan lembut. Yakinlah Dia akan sangat menyayangimu, melindungimu dan merahmati hidupmu sepanjang masa. Aamiin.

MUNAJAT FITRI

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ya Allah Maha Pengampun, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan kedua orang tua kami. Sayangilah, didiklah dan tunjukilah kebenaran kepada keduanya, sebagaimana ia mendidik kami sewaktu kecil.

Ya Allah Maha Penolong, berikanlah kami kemampuan untuk mengingat-Mu, kemampuan untuk bersyukur atas nikmat-Mu, dan kemampuan untuk menangkap hikmah-hikmah dan kebaikan-kebaikan dalam beribadah kepada-Mu. Karena kami tahu bahwa diri kami lemah, tidak ada daya dan kekuatan, diri yang dipenuhi buaian hawa nafsu, diri yang selalu dipenuhi kekhilafan dan kealfaan, diri yang selalu diliputi kezaliman.

Ya Allah, Maha Pemberi Petunjuk, Maha Penerima Taubat, Tiada Tuhan yang Berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Tuhan Yang Menguasai langit dan bumi dan apa-apa yang ada diantara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.

Ya Allah, berikan kami kemampuan untuk selalu bertobat, kuatkanlah kami dalam memegang amanat-amanat-Mu, teguhkanlah kami dalam pendirian untuk selalu menghindari segala larangan-Mu Ya Allah, jadikan kami orang-orang yang takut kepada-Mu, orang-orang yang hanya menggantungkan harapan hanya kepada-Mu, orang-orang yang selalu merasa senang ketika menjalankan perintah-Mu, Ya Allah …

Ya Allah, jiwa raga ini adalah milik-Mu, anak-anak kami yang kami sayangi adalah juga milik-Mu, para orang tua yang mendidik kami adalah juga milik-Mu, harta yang ada pada kami hakekatnya adalah barang titipan-Mu, Ya Allah sampaikanlah kami pada kesadaran yang mendalam tentang hakekat ketiadaan diri…

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *