Hasil Rapid Test Diduga Covid- 19 Dinyatakan Reaktif 31 Orang, Dari katagori ODP: 22, dan PDP: 9 Orang Di Kab. Sumedang

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

Kabid Kominfosanditik Sumedang Dadang Sundara, didampingi H. Asep Tatang Sujana beserta jajaran Humas/ Protokol Setda Sumedang.(foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang – Pemkab Sumedang gelar Jumpa Pers terkait perkembangan situasi dan kondisi penyebaran Covid- 19 di Kabupaten Sumedang, yang masih perlu diwaspadai. Bertempat di Media Centre IPP Sumedang, Minggu pukul 16.00 wib (10/5).

Saat ini, di Kabupaten Sumedang tengah mengalami perkembangan sebagai berikut :

1) Positif Covid -19  :

*   Berdasarkan uji Polymerase Chain Reaction (SWAB) :  5 orang, pasien asal Kecamatan Sumedang Selatan 1 orang, Jatinangor 3 orang dan Cimanggung 1 orang.

*   Hasil Rapid test (diduga Covid- 19 yang dinyatakan reaktif) :  31 orang, dimana kategorinya dipilah menjadi ODP dan PDP, dengan data sebagai berikut :

–  ODP sebanyak 22 orang, terdiri dari pasien asal Kecamatan Tomo 1 orang, Surian 4 orang, Buahdua 5 orang, Ujungjaya 8 orang, Conggeang 1 orang, Tanjungsari 1 orang, Cimalaka 1 orang dan Pamulihan 1 orang.

–  PDP sebanyak 9 orang, terdiri dari pasien asal Kecamatan Surian 1 orang, Buahdua 2 orang, Wado 1 orang, Sumedang Selatan 1 orang, Cimanggung 1 orang, Cisitu 1 orang, Situraja 1 orang dan Tanjungsari 1 orang.

2) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 1 orang.

3) Orang Dalam Pemantauan (ODP) :  24 orang.

4)  Orang Dalam Resiko (ODR) :    2.614 orang.

5)  Orang Tanpa Gejala (OTG)  :  81 orang.

Sisi lain, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sumedang, dalam rangka penyelenggaraan PSBB tahap 2, menggelar patroli gabungan dengan materi :

1) Memerintahkan masyarakat untuk menutup toko dan tempat usaha lainya, sesuai Perbup no 40 THN 2020.

2) Tidak berkumpul berkerumun melebihi 5 orang.

3) selalu mencuci tangan pakai sabun.

4) Memakai masker apabila keluar rumah.

Adapun, informasi dan pengaduan terkait pelaksanaan PSBB, bantuan sosial dan informasi terkait Covid-19 bisa hubungi :

–  Sumedang Simpati Quick Response (SSQR) 119.

–  website https/ covid19.sumedangkab.go.id

–  SSQR 0811 2000 133.

Rapid Test dari 28 April s/d 9 Mei 2020, Di Sumedang Sebanyak 1.220 Orang Dengan Hasil Sebanyak 1.199 Orang Negatif dan 21 Orang Reaktif (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Demikian, siaran Pers yang disampaikan langsung oleh Kabid Kominfosanditik Sumedang Dadang Sundara, didampingi H. Asep Tatang Sujana beserta jajaran Humas/ Protokol Setda Sumedang.

Ditambahkan Dadang, Bupati bersama forkopimda, setiap waktu selalu melakukan sidak ke lokasi check point’ dan lokasi lainya, untuk memastikan SOP pelaksanaan PSBB dilaksanakan dengan benar.

Dadang juga menyebutkan, berdasarkan laporan dari chek point C dilapangan, sudah ada 1 orang pemudik yang dikarantina ke tempat isolasi perbatasan SDN Cibuluh, Ujungjaya.

Ia berpesan, kepada warga masyarakat agar tetap tenang, waspada dan tidak panik.

“Semoga Alloh SWT, selalu meridhoi segala upaya yang kita laksanakan,” pungkasnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *