8 KEKUATAN CAKRA

Share posting

Oleh: H. Derajat

google search – jakartagreater.com

The 8 Power of Cakra, Delapan Kekuatan Cakra: Sumber Inspirasi, Profesionalisme dan Senjata Pamungkas Prajurit Darma Putra Kostrad”.

Sebelum Letjen TNI Besar Harto Karyawan mencurahkan pendapatnya dalam bukunya yang berjudul 8 Kekuatan Cakra, beliau pernah berkata :

“Hanya prajurit sejati yang mampu mengolahyudhakan potensi jasmani dan rohaninya hingga menginsyafi korelasi antara karakter, kepribadian, jati diri, takdir dan profesinya sebagai PRAJURIT DARMA PUTRA KOSTRAD. Filosofi ketangguhan prajurit Cakra telah mendarah daging pada diri saya, yang telah mengabdi sebagai prajurit TNI selama 34 tahun, dimana 21 tahun berturut-turut menjadi prajurit Darma Putra Kostrad. Perjalanan panjang pengabdian dan pemahaman yang mendalam tentang hakikat kehidupan sebagai manusia, telah mengantar saya untuk menggali korelasi antara hikmah kehidupan dengan kesatuan, tempat saya mencurahkan seluruh jiwa, raga, tenaga dan pikiran.”

“Kecintaan dan keinsyafan akan takdir Tuhan sebagai prajurit Darma Putra membawa pada sebuah perenungan panjang yang bermuara pada karya orisinil tentang 8 Kekuatan Cakra.”

“Sepanjang perjalanan pengabdian, saya telah menggali, mengungkap dan merangkum intisari dari kekuatan yang terkandung pada diri setiap prajurit melalui 8 Kekuatan Cakra ke dalam bentuk sebuah buku yang saat ini hadir dihadapan pembaca. Buku ini adalah gabungan antara pengalaman hidup empirik sebagai prajurit dan wawasan berbagai pengetahuan yang telah saya jalani selama ini. Pengalaman berharga merupakan Guru Kehidupan yang begitu dahsyat, seringkali datang tiba-tiba dan bertubi-tubi memberi hadiah berupa paket-paket masalah yang cukup berat, tantangan yang luar biasa, serta rintangan yang menghadang. Seringkali pula, Guru Kehidupan menghadirkan berbagai solusi, berkah dan keajaiban dalam kehidupan tanpa pernah saya sangka sebelumnya.”

Presiden Joko Widodo berpendapat tentang buku yang dibuat oleh Letjen TNI Besar Harto Karyawan (Pangkostrad) sbb : “Saya gembira Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan menaruh perhatian besar juga dalam usaha pembangunan karakter khususnya di lingkungan Kostrad, dan berhasil menggali formulasi pembangunan karakter bagi prajuritnya melalui Kekuatan Cakra. Potensi 8 Kekuatan Cakra dalam setiap individu bila diasah akan menjadi Karakter Pribadi yang kuat, selanjutnya akan menjadi Karakter Kesatuan dan dalam konteks yang lebih luas akan menjelma menjadi Karakter Kebangsaan. Karakter-karakter inilah yang dapat membentengi kita dari ancaman-ancaman mutakhir sekaligus menjadi modal dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.”

Setelah membaca buku 8 Kekuatan Cakra, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berpendapat : “Membaca buku 8 Kekuatan Cakra karya Letjen TNI Besar Harto Karyawan ini, tergambar sebuah korelasi antara pemikiran penulis dengan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, muncul imajinasi saya akan sebuah potensi besar yang dapat kita raih jika seluruh Rakyat Indonesia mampu membaca dan mengasah 8 Kekuatan Cakra pada dirinya, dalam rangka ikut serta usaha pertahanan negara. Indonesia akan lahir menjadi bangsa besar yang cinta damai namun sangat disegani oleh bangsa lain karena kekuatan sistem pertahanannya.”

“Sekalipun Bangsa Indonesia telah berkomitmen tidak akan mengembangkan sikap-sikap offensive, namun setiap saat siap mentransformasi potensi kekuatannya menjadi “NERAKA” bagi siapapun lawan yang akan menginvasinya, disitulah inti dari Strategi Pertahanan Defensif Aktif.”

Tentang Penulis Buku 8 Kekuatan Cakra yaitu Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa berpendapat : “Ketika Letjen TNI Besar Harto Karyawan ditunjuk menggantikan saya selaku Panglima Kostrad pada November 2018 yang lalu, saya sangat yakin bahwa satuan Kostrad yang dipimpinnya akan mampu mempertahankan nama besarnya sebagai satuan elit yang dimiliki TNI AD sekaligus semakin disegani lewat berbagai prestasinya secara nasional maupun internasional. Hal ini karena saya mengenal Beliau sebagai sosok senior yang mampu menorehkan berbagai prestasi selama mengabdi lebih dari 21 tahun sebagai Prajurit Darma Putra Kostrad maupun di satuan lainnya”.

“Diantaranya prestasi sebagai Danton Terbaik Kostrad tahun 1988. Pada tahun 2000, melalui pendekatan yang humanis, berhasil merebut hati Milisi Eks Tim-Tim sehingga dengan sukarela menyerahkan 50 pucuk senjata kepada Yonif Linud 502/Ujwala Yudha yang dipimpinnya. Termasuk prestasi sebagai Dansat dengan meraih Juara II Peleton Tangkas dan Juara I Lomba Kodim Terbaik Tingkat Madya tingkat TNI AD, dan masih banyak pencapaian lainnya. Berbagai prestasi tersebut membuktikan kapasitas dan kapabilitas Letjen TNI Besar Harto Karyawan sebagai prajurit dan pemimpin dalam menggali, mengolah dan memacu potensi diri sendiri dan anggota di satuan-satuan yang dipimpinnya untuk memperoleh hasil terbaik dalam setiap penugasan.”

Marilah kita miliki dan unduh buku berbobot ini dalam link berikut, teriring do’a kami semoga renungan pendapat yang terangkum dalam 8 Kekuatan Cakra ini mampu memberikan kontribusi kepada seluruh komponen bangsa Indonesia untuk membangun Bangsa Berdaulat, Bangsa yang Mandiri, Bangsa yang disegani dunia :

Download dalam versi Bahasa Indonesia :

https://bit.ly/36DQ7Qu

Download dalam versi Bahasa Inggris :

https://bit.ly/2Anq5oo

CAKRA…!!! CAKRA…!!! CAKRA…!!!


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *