Potensi Tersembunyi di Blok Talangseng Garut Layak Dilirik

Share posting

Oleh: Hidir Hidayat, S.Pd

Kunjungan Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman ke DI Cimaragas Blok Talangseng. (Poto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Garut – Pemerintah Daerah Kabupaten Garut sudah mempunyai masterplan terkait penataan dan pengembangan aset Pemda, salah satunya Daerah Irigasi (DI) Cimaragas blok Talangseng Kel. Margawati Kec. Garut Kota. Apalagi akses ke Talangseng dari pusat kota relatif sangat dekat hanya 5 sampai 10 menit dari pusat kota.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Bupati Garut dr.H.Helmi Budiman pada saat kunjungan kerja ke tempat tersebut. Hadir mendampingi Helmi diantaranya dari berbagai unsur SKPD di Kabupaten Garut diantaranya Kepala Dinas PUPR Hj. Luna Avriantini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Garut, H.Budi Gangan, S.H,MSi, Camat Garut Kota, Camat Cilawu dan beberapa unsur Forkopimcam.

Lebih jauh Helmi mengatakan, bahwa pemandangan di blok Talangseng sangat indah. Maka dari itu, Pemerintah Daerah ingin menata dan mengembangkan aset Irigasi Pemerintah Daerah yang sudah lama dimanfaatkan masyarakat.

Pembuatan keramba ikan lele dengan melibtkan masyarakat. (Poto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Dalam pengembangan blok Talangseng sendiri, Pemda Garut akan mengembangkan wisata air, pembuatan keramba ikan di jalur irigasi dan tempat wisata edukasi masyarakat.

Wabup mengungkapkan, sejatinya penataan dan pengembangan blok Talangseng ini digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera lagi.

Kunjungan Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman ke DI Cimaragas Blok Talangseng. (Poto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

“Disini bisa dibuat keramba ikan yang hasilnya bisa dimakan oleh masyarakat, dan dimanfaatkan sehingga masyarakat sejahtera,” ujar Helmi.

Helmi menyebutkan ada tempat wisata di Garut yang sifatnya kelas dunia diantaranya Situ Bagendit. Untuk wisata lokal salah satunya DI Cimaragas blok Talangseng ini.

Poto Bersama Wakil Bupati dengan Pengunjung DI Cimaragas Blok Talangseng. (Poto: Hidir Hidayat – grahabignews.com)

Terkait dengan pelibatan pihak pengelola dari sektor swasta yang akan mengembangkan blok Talangseng, Helmi menjelaskan bahwa pihaknya tidak menutup diri dalam pengembangan blok Talanseng.

“Ini sudah berjalan, ini kan dikelola oleh Dinas PUPR dan dikembangkan dinas pariwitanya juga dalam hal wisata,pengelolaannya tergantung kerjasama antara desa,bisa jadi kalau desa Bumdes dan kecamatan,tapi kami disini Pemda punya kepentingan dalam bagaimana memelihara aset dan fungsi irigasi,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *