Prajurit dan PNS Jajaran Kodim 0610/Sumedang, Laksanakan Tes Garjas Periodik II tahun 2020

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

 

Prajurit dan PNS Jajaran Kodim 0610/Sumedang, Laksanakan Tes Garjas Periodik II tahun 2020 (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang –   Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Kodim 0610/Sumedang, melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II tahun 2020, yakni di lapangan Yonif Raider 301/PKS, Mayonif Cimalaka, Rabu (04/11).

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE., M,Si, memimpin langsung giat tersebut, bertujuan untuk membina dan mempertahankan kondisi jasmani Prajurit dan PNS TNI-AD, agar terpelihara jiwa dan Stamina yang prima, sehingga didalam mejalankan tugas pokok bisa terlaksana secara optimal.

Kendati demikian, bersifat tidak memaksa bagi Prajurit dan PNS jajaran Kodim yang tidak mampu dan sedang sakit, semuanya dilaksanakan secara terukur dan teruji serta mengutamakan faktor keamanan.

“Hal ini dilaksanakan, sesuai prosedur dan petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan TNI- AD, guna mengantisipasi kesehatan anggota lebih awal, sebelum dilaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan yang ada di lapangan,” terangnya.

Hal senada, disampaikan Pasipers Kodim 0610/Sumedang Lettu Inf Ahmad Syarifuloh, bahwa pembinaan fisik/ garjas kali ini mengacu kepada program dari Komando Atas, yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Garjas tersebut, terdiri dari  Samapta A (lari jarak tempuh 3.200 meter dalam waktu 12 menit) dan Samapta B (push up, sit up, pull up, lunges dan shuttle run), serta ditambah ketangkasan berenang gaya dada 50 meter,” ujarnya.

Adapun, hasil total tes garjas (samapta A + B) dapat dibagi dua, dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penyediaan samapta periodik, dengan ditambahkan dari nilai renang militernya,” pungkas Pasipers.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *