Komsos “Bergandengan Tangan Membangun Negeri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan” Bersama Jajaran Yonif Raider 301/PKS Sumedang

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

Komsos “Bergandengan Tangan Membangun Negeri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan” Bersama Jajaran Yonif Raider 301/PKS Sumedang (foto oleh Ghani PR-grahabignews.com)

 

Sumedang –   Jajaran Yonif Raider 301/PKS Sumedang menggelar Komsos TA.2020, bertemakan “Bergandengan Tangan Membangun Negeri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan” yang bertempat di GOR Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Jum’at (13/11/2020).

Kegiatan tersebut, dihadiri Kades Nyalindung beserta Kadus, RT/RW, Karang taruna, kader Pos Yandu dan masyarakat sekitar.

Kades Nyalindung Budi Yanto, mengatakan giat Komsos kali ini sangat baik sekali bagi masyarakat, guna memberikan wawasan dan penerangan Bela Negara, karena masyarakat sedikit kurang tahu atas pemahaman bagaimana cipta kondusif itu ?

“Tentu saja yang dilakukan Yonif Raider 301 demi terciptanya aman dan nyaman buat Desa Nyalindung ataupun di Kabupaten Sumedang itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, kebetulan momennya sangat pas agar masyarakat bisa lebih dekat dengan TNI. Dimana nantinya dengan sosialisasi ini, warga semakin paham dan tidak sungkan lagi dengan TNI.

“Sehingga masyarakat sadar dan mereka tahu ternyata yang memberikan rasa aman dan nyaman itu adalah masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Dalam kata lain sebutnya, pihaknya berharap masyarakat dapat menyimak apa yang disampaikan tentang Bela Negara atau istilahnya untuk mencipta kondusif, itu harus diikuti untuk dipahami bahwa kita punya adab ketimuran.

Sementara itu, Danyonif Raider 301/Pks Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, menyampaikan bahwa kegiatan  komsos hari ini, berhubungan langsung dengan komponen masyarakat.

“Dimana pihaknya, menjelaskan bagaimana kita melaksanakan interaksi kemudian berkomunikasi antara Prajurit TNI dengan masyarakat,” terangnya.

Ia menuturkan, dengan terciptanya komunikasi dan kemanunggalan yang baik antara TNI dan rakyat akan  membangun komunikasi yang sinergis.

“Antara kita dengan masyarakat bisa menjadi kompak, saling bahu – membahu untuk menyelesaikan permasalahan,” tandasnya.

Kendati begitu, metode yang kami sampaikan berbeda dari yang biasanya, yakni dengan metode ceramah, kemudian sedikit memberikan bekal berupa wawasan kebangsaan kepada generasi – generasi muda dan masyarakat setempat.

“Kami sudah sering melaksanakan giat komsos, karena ini merupakan program  rutin.  Semenjak adanya wabah Covid-19 sempat tertunda, hingga sekali pun dilaksanakan tetap dengan keterbatasan berkumpul sesuai SOP Prokes Covid-19,” ungkapnya.

Kedepan kegiatan ini akan berkelanjutan, hanya saja dengan metode yang lain, diantaranya baksos dan karya bakti, sebagai sarana kedekatan TNI dengan masyarakat.

“Semoga kedepan hubungan kita sebagai anak kandung rakyat tentunya akan semakin baik,” harap Danyonif.

Terpantau, pada kesempatan itu Danyonif Raider 301/Pks memberikan cendera mata kepada para peserta kegiatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *