Bupati Gelorakan Deklarasi Kabupaten Garut ODF 2022

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Bupati Gelorakan Deklarasi Kabupaten Garut ODF 2022 (foto oleh Reva Dinkes Kab. Garut-grahabignews.com)

Garut – Sambutan yang diampaikan oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan pada acara Pertemuan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Percepatan Kab. Garut Open Defecation Free (ODF) Tahun 2022, Kamis (18/03/2021), kawasan Proklamasi, bahwa secara historis flasback bagaimana ketika ODF ini pertama kali di sosialisasikan pada seluruh masyarakat di Kabupaten Garut.

Seiring berjalannya waktu lanjut Bupati, dengan kerja keras semua pihak mulai dari tingkat Pemerintahan Daerah melalui Dinas Kesehatan dan disosialisasikan pada seluruh Camat beserta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Garut, sampai pada tingkat pemerintahan Desa/Kelurahan, upaya dan langkah serta strateginya telah ditempuh dengan sungguh-sungguh.

Sambutan hangat dari seluruh tamu undangan yang menghadiri acara tersebut, ketika Bupati menegaskan, bahwa dengan digelorakannya pecepatan Kabupaten Garut Open Defecation Free (ODF) Tahun 2022 melalui rapat kordinasi ini kata Bupati, diharapkan pada tahun 2022 bertepatan dengan Hari Jadi Garut ke 209, Kita akan mendeklarasikan kabupaten ODF.

Bupati juga kembali menegaskan, bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintan Daerah akan menyiapkan anggaran sebesar-besarnya untuk kepentingan sanitasi. Kita konsen atas target yang ingin Pemkab Garut Capai, selain anggaran yang kita siapkan punishment akan diberlakukan bagi para Camat yang tidak mampu mengODFkan wilayahnya.

“Bagi daerah yang ingin bebas ODF,  ditempuh melalui mekanisme yang ada, dan  sistem yang ditempuh untuk mengODFkan Kabupaten Garut ini, yaitu  dilakukan pemicuan oleh Puskesmas yang bekerjasama dengan forum RW yang ada dibawah koordinasi Kepala desa dengan supervisi dari para Camat, disini posisi camat mempunyai tugas sebagai supervisi kegiatan – kegiatan sampai tingkat RW, ODF ini sebenarnya per-rumah atau perdusun,” ungkapnya.

Dalam sambutan lanjutannya, Bupati mengatakan, bahwa jenjangnya ODF bertahap mulai dari warga, Desa / kelurahan sampai Kecamatan. Untuk sekarang ini di kabupaten Garut baru mencapai 40% daerah Kecamatan yang sudah mendeklarasikan ODF terdiri dari 5 kecamatan.

Diantara sambutannya yang komunikatif, Rudy mengajak semua Camat, dan Kepala Puskesmas untuk terus berupaya dan bersemangat dalam pencepaian percepatan Kab. Garut Open Defecation Free (ODF) Tahun 2022 diiringi harapan, semua elemen yang ada di masyarakat turut mendukung program ini dalam upaya menyukseskan STBM di kabupaten Garut.

Usai memberikan sambutan, Bupati Garut melakukan penandatanganan komitmen  menuju Kabupaten Garut ODF 2022 dan diikuti oleh Kadis dari SKPD Dinkes, BPMPD, PUPR, Camat, dan para Kepala Puskesmas secara bergantian.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *