Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Selenggarakan Ujian Paket A, B, Dan C Secara Daring

Share posting

Wawancara Eksklusif

Oleh : Wishnoe Ida Noor & Hartono

Kabid PAUD&Dikmas Disnas Pendidikan Kabupaten Garut, Moch. Yusuf, M.Si (foto file  Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Garut – Animo dan kesadaran masyarakat Kelompok Belajar A, B, dan C untuk memiliki pengetahuan, kemampuan, dan izasah setara SD, SMP, dan SMA yang terdaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Garut mengalami progres signifikan, sehingga mereka bisa mengikuti ujian untuk mendapatkan ijazah.

Ditemui GrahaBigNews di ruang kerjanya kawasan Pembangunan, tepatnya pada pukul 09:58 WIB hari Jum’at (19/03/2021) terkait pelaksanaan ujian untuk paket A, B, dan C, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten arut, Moch. Yusuf, M.Si menjelaskan, bahwa pelaksanaan ujian tersebut akan dilaksanakan secara Daring pada hari Senin, tanggal 22 Maret 2021.

Yusuf menjelaskan, bahwa jumlah peserta yang mengikuti ujian Paket A sebanyak 394 orang dari  jumlah lembaga 49, peserta ujian paket B sebanyak  3590 orang dari 104 lembaga, dan peserta ujian paket C sebanyak  8156 dari 106 lembaga.

Ujian tersebut lanjutnya, akan dilaksanakan secara bertahap dengan waktu dan jadwal yang terpisah. Sesuai dengan jenjang tingkat pendidikan ujian yang mereka tempuh yang pertama ujian paket A dulu kemudian jadwal berikutnya paket B, dan C, sesuai jenjangnya.

“Pelaksanaan ujian tahun ini, karena masa pandemic covid-19, maka kami akan melaksanakannya secara Daring, dan jadwal pelaksanaan sudah ditetapkan secara bertahap, artinya kita laksanakan dulu ujian bagi peserta ujian paket A, kemudian paket B, dan terakhir ujian paket C,” ungkapnya.

Kabid PAUD&Dikmas Disnas Pendidikan Kabupaten Garut, Moch. Yusuf, M.Si (foto Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Untuk Pelaksanaan ujian paket A, B, dan C ini lanjutnya, meski agak terkendala dengan masalah sinyal dan penguasaan IT, tapi sebelumnya sudah dilakukannya simulasi, uji coba, dan pendampingan oleh lembaga masing-masing.

Apakah dengan pelaksanaan secra Daring trsebut bisa mengurangi kualitas? Yusuf berdiplomasi, bahwa jika berbicara masalah kualitas di masa pandemi Covid-19 ini, itu bergantung pada kesiapan dari para peserta, tapi Insya Allah akan berjalan dengan baik dan lancar.

Ujian tersebut masih kata Yusuf akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021, dan persiapannya dalam pelaksanaan ujian tersebut, mekanismenya secara teknis langsung ke PKBM berkoordinasi dengan UPT Pendidikan di wilayahnya masing-masing.

Yusuf berharap, bahwa semua peserta yang sudah terdaftar dalam Daftar Nominatif Tetap (DNT) peserta ujian bisa mengikuti ujian, sehingga bisa mendapatkan ijazah, dan berjalan dengan lancar.

Sejauhmana progress yang telah dicapai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam Bidang Pendidikan Masyarakat ini? Yusuf mengatakan, “Alhamdulillah, sekarang ini minat masyarakat di dalam mengikuti pendidikan paket A, B, dan C, mengalami peningkatan hampir mencapai 100%. Dimana tahun-tahun sebelumnya jumlah yang terdaftar itu hanya mencapai 6000 orang, sedangkan sekarang yang terdaftar di kami itu sudah mencapai sekitar 12450 (dua belas ribu empat ratus lima puluh ) orang,” pungkasnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *