Kemenpan RB Memberikan 2 Penghargaan Sekaligus Kepada Pemkab Garut

Share posting

Oleh: Wishnoe Ida Noor

Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, mengikuti acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2020, yang digelar oleh Kemenpan RB secara virtual, di Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (23/4/21). (Foto : Deni Septyan/Diskominfo – grahabignews.com)

Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2020 dengan predikat nilai BB, dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2020 dengan predikat nilai B.

Penghargaan ini diterima oleh Pemkab Garut saat mengikuti penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2020.

Acara digelar oleh Kemenpan RB secara virtual, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, di Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (23/4/21).

(Foto : Deni Septyan/Diskominfo – grahabignews.com)

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, yang menghadiri langsung acara yang bertajuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIP RB) Award 2020, memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mendapatkan predikat SAKIP-RB B, BB, A, dan AA.

Penghargaan tersebut diberikan karena telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan, sehingga tercipta birokrasi yang kapabel dan berdaya saing, yang mampu menjalankan program-program pemerintah dengan efektif dan efisien.

Pemkab Garut mendapatkan predikat nilai BB dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2020 karena hasil evaluasi menunjukan bahwa Pemkab Garut memperoleh nilai 73,51 atau predikat BB.

(Foto : Deni Septyan/Diskominfo – grahabignews.com)

Penilaian tersebut menunjukan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemkab Garut sudah menunjukan hasil yang sangat baik.

Sementara itu, dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, Pemkab Garut mendapatkan predikat nilai B, karena nilai total komponen pengungkit di tahun 2020 sebesar 34,66 dari bobot nilai keseluruhan 60,00 dan nilai total komponen hasil di tahun 2020 sebesar 31,60 dari bobot nilai keseluruhan 40,00.

Hingga, nilai indeks reformasi birokrasi Pemkab Garut di tahun 2020 sebesar 66,25 dari bobot keseluruhan 100,00. Indeks ini didapatkan dari nilai total komponen pengungkit ditambahkan nilai total komponen hasil.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *