Lagu Sunda Endang ” Jorojoy ” Purwakarta

Share posting

Oleh : Nurlaela

Endang Pasla/ Endang WKD (Wikanda) (57) asal Purwakarta, terkenal dengan lagu berjudul “Jorojoy” (foto oleh Nurlaela-grahabignews.com)

Purwakarta – Penyanyi dan pencipta lagu Sunda Endang Pasla/ Endang WKD (Wikanda) (57)  asal Purwakarta, terkenal dengan lagu berjudul “Jorojoy” bangga dan senang kiprahnya secara tidak langsung promosi dan mensosialisasikan bahasa leluhurnya (Sunda) dalam seni suara. Hal tersebut di sampaikannya di sebuah warung warga sekitar taman pahlawan Purwakarta, Sabtu (14/8/2021) kepada media dengan santai.

Pria ramah yang peduli sesama dan siap turun sendiri mencari dan menawarkan untuk warga yang siap dan memenuhi syarat mendukung proyek lagunya terus berkarya dan berbagi sesuai kemampuannya.

Diakui pria penyanyi dan pencipta lagu 57 tahun tersebut berkeinginan bertemu langsung dengan mantan Bupati Purwakarta dua periode yang kini sebagai wakil ketua komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Dedi Mulyadi.

Endang yakin dengan kepedulian dalam membangun dan memelihara aset kebanggaan termasuk bahasa dan seni Sunda, Dedi orang yang tepat untuk di minta masukan atau ide membangun agar tetap kokoh kuat melestarikan bahasa dan seni Sunda sesuai perkembangan zaman.

Sebagai tokoh pembangunan atau Bapak Pembangunan Purwakarta dan Budayawan Sunda, Dedi Mulyadi diharapkan Endang bisa di temuinya dalam waktu dekat.

Endang meyakini Kang Dedi murah hati, mudah-mudahan bisa  ada kesempatan langsung untuk menyampaikan siap partisipasi dirinya sebagai penyanyi dan pencipta lagu tentang pentingnya melestarikan Seni dan Bahasa Sunda dengan proyek sambil nyelam minum air.

” Bukti upaya memelihara dan mewariskan bahasa untuk generasi melalui lagu yang diharapkan tetap di kenang dan di kenal orang Sunda terutama, umumnya suku bangsa dimanapun bisa mengetahui bahasa Sunda merdu dengan lagu sebagai salah satu aset negara Indonesia yang perlu di lestarikan”

Untuk warga yang siap dan memenuhi syarat dalam proyek lagunya bisa bekerjasama, dengan harapan semua bisa belajar dan terus peduli sesama sesuai keahlian yang di miliki.

“ Guna menghasilkan hasil karya yang baik dari upaya maksimal sesuai tugas dan pokok pungsinya masing-masing termasuk keahlian pendamping penyanyi, pemain musik dan lain sebagainya dalam proyek suatu lagu yang siap di perdengarkan dan di tonton publik,” ungkapnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *