Kadis PUPR Garut, Sang Inisiator Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Irigasi

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Hj, Luna Avriantini, Kadis PUPR Garut Sekaligus Dewan Pembina Komunitas Bersama Talangseng Bisa. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Salah satu pembangunan insfrastuktur di Kab. Garut, berada di lingkup Dinas PUPR dibawah pimpinan Hj, Luna Avriantini. Pada Rabu (25/08), dirinya berkunjung ke Irigasi Cimaragas Blok Talangseng di damping Kabid SDA, Edy Kuntoro, UPT PUPR Kec. Garut Kota, Undang Hermawan dan UPT Lainnya.

Menurut Kadis PUPR, bahwa Irigasi Cimaragas Blok Talangseng mempunyai potensi yang sangat besar dan secara bertahap menata. Tentunya program dan kegiatan Pemerintah tidak akan berjalan dengan baik dan berkembang, apabila masyarakatnya juga tidak ikut serta berpartisipasi.

Kadir PUPR Garut Saat Mendengarkan Aspirasi Warga. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Potensi yang paling besar di Talangseng adalah alamnya, dan kebetulan ini merupakan aset dari Pemerintah Kabupaten Garut. Ya alamnya, pemandangannya, ini daya tarik untuk masyarakat yang kita maksimalkan potensinya sambil menjaga aset kita,” imbuhnya.

Hj. Luna yang menjabat sebagai Kadis PUPR Garut, juga sebagai Dewan Pembina Komunitas Bersama Talangseng Bisa mengakui, daerah irigasi memiliki potensi yang besar. Maka dirinya berinisiasi memaksimalkan potensi Talangseng dengan poemberdayaan masyarakatnya.

Kadir PUPR Garut Didampingi Kabid SDA. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Keuntungan dengan pemberdayaan masyarakat, selain asset irigasi Talangseng dapat terjaga, masyarakat sekitar bias mendapat penghasilan tambahan. Pasalnya, dengan keasrian dan keindahan alam pedesaan, tentu mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk singgah di Talangseng.

“Rencana kedepannya, kita tidak terlalu fokus ke objek wisata, tapi pada prinsipnya kita memberdayakan masyarakat, bagaimana masyarakat sekitar bisa sejahtera dengan memanfaatkan potensi yang ada kebetulan potensi disini,” imbuhnya.

Kadis PUPR Garut Sekaligus Dewan Penasehat Komunitas Bersama Talangseng Bisa

Dengan kondisi alam yang asri di padu dengan pemandangan alam yang indah, ini akan muncul dengan sendirinya masyarakat jalan-jalan ke talangseng. Pada  akhirnya, Talangseng  seakan-akan kesannya objek wisata yang baru, padahal itu penilaian dari masyarakat.

“Kita masih ingin menyediakan sarana prasarana yang lain, di informasi dari Pak RW masih butuh WC untuk pengunjung. Itu juga perlu diperhatikan ini, maka kita masih mencoba menampung sarana prasarana lainnya yang masih dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkas Hj. Luna.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *