Camat Banyuresmi Bertindak Selaku Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd. & Wishnoe Ida Noor

Camat Banyuresmi Bertindak Selaku Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 (foto oleh Kang Iwan-grahabignews.com)

Garut – Bersdasarkan radiogram dari Sekda Kabupaten Garut Nomer HM.01.01/1990/PKP Tanggal 17 Mei 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama”, pihak Forkopimcam Kecamatan Banyuresmi serentak melaksanakan upaca tersebut bertempat di lapangan Marina Situ Bagendit yang dihadiri oleh Camat, Danramil Kapolsek, Kepala KUA, Ketua MUI, Kepala UPT Puskesmas Sukasenang, Sukaraja, Bagendit, Kepala UPT Pertanian beserta staf pelaksana, Kepala UPT Peternakan beserta staf pelaksana, Kepala UPT Perindustrian dan Perdagangan beserta staf pelaksana, Kepala UPT Pariwisata beserta staf pelaksana, Kepala PUPR beserta sraf pelaksana, Korwil Wilayah Pendidikan Kecamatan Banyuresmi, Korwas, Kordiantor Penilik veserta staf pelaksana, Ketua PGRI Kecamatan Banyuresmi dengan mengikutsertakan anggota sebanyak 10 orang, perwakilan Kepala Sekolah SD/per Gugus Se-Kecamatan Banyuresmi, Kepala Sekolah SLTP dan SLTA se-Kecamatan Banyuresmi, Kepala SMA 25 Garut menghadirkan peserta upacara sebanyak 10 orang, Kepala Desa beserta Sekdes dan Kaur Pemerintahan se-Kecamatan Banyuresmi, Ketua KNPI beserta anggota, Ketua Pemuda Pancasila Ranting Banyuresmi beserta 10 orang anggota, Ketua Kwaran Banyuresmi beserta 10 orang anggota, dan Ketua Organisasi masyarakat lainnya.

pembaca teks Pancasila, Asep Ruhiyat (perangkat Desa Sukaratu), pembaca Pembukaan UUD 1945, Gugus Nusa Putra Idtris (perangkat Desa Pamekarsari) (foto oleh Kang Iwan-grahabignews.com)

Bertindak selaku Inspektur upacara, Camat Banyuresmi, H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si., dengan Komandan Upacara Peltu Asep AR, anggota Koramil 1110 Banyuresmi, sedangkan Perwira upacara adalah Ipda Mahmudi, anggota Polsek Banyuresmi.

Komandan Upacara Peltu Asep AR, anggota Koramil 1110 Banyuresmi (foto oleh Kang Iwan-grahabignews.com)

Sementara itu para petugas yang terlibat dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, diantaranya untuk petugas pembaca teks Pancasila, Asep Ruhiyat (perangkat Desa Sukaratu), pembaca Pembukaan UUD 1945, Gugus Nusa Putra Idtris (perangkat Desa Pamekarsari), ajudan, Budi Darmawan, S.Pd.I. (Ketua KNPI Kecamatan Banyuresmi), dan yang bertugas untuk membacakan amanat dari Menkominfo RI, Jhoni G. Plate, adalah Camat Banyuresmi serta pembawa acara oleh Lilis Yuliati, M.Pd.

Camat Banyuresmi, H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara (foto oleh Kang Iwan-grahabignews.com)

Camat Banyuresmi, H. Jujun Juhana, S.Sos., M.Si membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika  RI, Jhoni G. Plate bahwa, tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pembawa acara pada upacara peringatan Harkitnas di Kecamatan Banyuresmi oleh Lilis Yuliati, M.Pd. (foto oleh Kang Iwan-rahabignews.com)

Dalam amanat tersebut ditandaskan oleh Camat Banyuresmi, bahwa pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa, pungkasnya.

Kepala KUA Kecamatan Banyuresmi, H. Asep Saepulloh, selaku petugas Pembaca Do’a pada Harkitnas (foto oleh Kang Iwan-grahabignews.com)

Upacara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Kepala KUA Kecamatan Banyuresmi, H. Asep Saepulloh.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah

Negeri ini punya cita, mudahkanlah dalam menggapainya. Hindarkanlah nusantara kami dari bencana.

Angkatlah pandemi Covid-19 dan selamatkanlah kami semua dari marabahaya yang mengancam jiwa, raga dan negeri kami tercinta.

Negeri ini punya cita, mudahkanlah dalam menggapainya. Hindarkanlah nusantara kami dari bencana.

Angkatlah pandemi Covid-19 dan selamatkanlah kami semua dari marabahaya yang mengancam jiwa, raga dan negeri kami tercinta.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *