Tingkatkan Pelayanan Prima Desa Tanjungkarya Bangun Kantor

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Rehabilitasi Kantor Desa Tanjungkarya Kecamatan Samarang. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Program pelayanan prima yang selalu digemborkan Pemerintah, tidak akan berhasil tanpa didukung sarana yang representative. Untuk itu, Desa Tanjungkarya Kec. Samarang bertekad merenovasi bangunan kantor yang kurang layak.

Dikatakan Kepala Desa Tanjungsari Kec. Samarang, Dedi Supriadi menyatakan bahwa bangunan yang ada tidak menunjang untuk memberikan pelayanan yang optimal. Pasalnya, bangunan yang ada tidak tertata, di mana ruang pelayanan, kasi berikut stap tertumpu pada satu ruangan.

Jadi, lanjutnya, nantinya akan terpisah antara ruang pelayanan, kasi-kasi dan stap serta ruang aula, sehingga pelayanan kepada mayarakat lebih optimal dan representative. “Tujuan rehabilitasi kantor desa guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tutur Kades, Senin (30/05).

Diperjelas Sekretaris Desa, Ipan Sopandi, luas bangunan Desa Tanjungkarya adalah 280 meter persegi dan tidak memiliki halaman. Maka pembangunan kantor desa dilakukan ke atas dengan rencana anggaran mencapai Rp. 2 milyar rupiah.

Ipan Sopandi Selaku Sekretaris Desa Tanjungkarya Kecamatan Samarang. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Target pembangunan selama 5 tahun dengan sumber dana dari dana bantuan provinsi dan anggaran reward dari Pemerintah dan lainnya.  Sebenarnya, menyangkut dana cukup kesulitan, tapi kami bertekad untuk mamaksimalkan anggaran yang ada,” ungkap dia.

Harapannya kedepannya, aku Ipan, yaitu ingin memiliki kantor desa yang dibanggakan masyarakat, pelayanan secara prima untuk masyarakat. Terakhir, kenyamanan bagi setiap bidang (kasi) maupun staf dalam menjalankan tufoksinya bisa dengan aman dan nyaman.

Ketika disinggung guna memanfaatkan lahan untuk penghijauan, Sekdes menyatakan, Desa Tanjungkarya telah dinobatkan sebagai desa percontohan pemanfaatan lahan sempit untuk penghijauan dalam program ketahanan pangan dari Dinas ketahanan Pangan Kab. Garut.

Tindak lanjut kedepan, direncanakan akan melaksanakan kembali pemanfaatan lahan sempit seperti di sekitar area kantor desa dan sepanjang jalan desa maupun pekarangan rumah warga ditanami dengan tanaman produktif, khususnya ketahanan pangan.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *