Disdik Garut Gencar Lakukan Sosialisasi Validasi Data GTK

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kepala Bidang Ketenagaan, Pengembangan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, M.Pd., (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

GarutKepala Bidang Ketenagaan, Pengembangan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Entib Satibi, M.Pd., menjelaskan pada GrahaBigNews di ruang kerjanya Jl. Pembangunan No.179 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, terkait kegiatannya selama ini di dalam melaksanakan sosialisasi validasi berkas atau data sertifikasi bagi para Guru dan Tenaga Kependidikan mulai dari TK,SD, dan SMP. Kamis  (04/07/2022).

Kaitan dari kegiatannya selama ini, selain melanjutkan program yang rutin dilaksanakan oleh Kabid sebelumnya dan dalam hal ini pihaknya melakukan evaluasi Tunjangan Profesi Guru Triwulan (TW)  2 selanjutnya untuk persiapan TW 3 maka untuk hal tersebut dilakukanlah validasi.

Sebagaimana diketahui, lanjut H. Entib bahwa dengan adanya validasi data Guru ini patut disyukuri bahwa Perhatian Pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air ini, memang luar biasa, baik Sarana dan Prasarana juga Sumber Daya Manusia yaitu para Guru dengan memberikan reword., dan Juknisnya sudah tertuang dalam Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022.

Didalam validasi data ini penting dilakukan guna melakukan cek&reecek data para Guru di sekolahnya masingmasing untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan data yang belum diperbaiki karenanya validasi data ini di dalamnya  ada Tunjangan Profesi Guru (TPG)  sebesar gaji pokok yang diterima, SK Berkala, Golongan, dan gaji ke-13. Validasi data ini sangat penting dilakukan untuk itu pihaknya melakukan sinkronisasi dengan para Guru di tiap Kecamatan yang diakomodir oleh Korordinator Wilayah (Korwil) agar para Guru melakukan validasi data tersebut.

“Bisa saja terjadi, ada Guru yang mutasi, kaitannya dengan SK Berkala ataupun golongan, jika masih ada data yang belum diupdate, sehingga pihak Dinas melakukan kunjungan kerja ke beberapa kecamatan melakukan sosialisasi validasi data ini,” ungkapnya.

Disinggung GrahaBigNews sudah berapa proses pencapaian sosialisasi validasi data yang telah dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut melalui bidang yang dipimpinnya, H. Entib menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi validasi data ini sampai sekarang baru mencapai 40%, karena sistem validasi ini dilakukan secara person di tiap Kecamatan dan para Guru berkumpul di Kecamatannya masing-masing, ada pengarahan dari Korwil serta pihak Dinas untuk melakukan valisadi tersebut, sehingga ada sinkronisasi data. Kami sudah melakukan validasi data ini dengan beberapa Kecamatan yang lainnya kami lakukan terus sampai semua data betul-betul valid dan terupdate.

“Meskipun proses validasi data ini cukup melelahkan, dan memakan waktu yang tidak sedikit tapi ini sudah merupakan tugas dan tanggungjawab kami untuk melaksanakannya karena setiap Guru melakukan validasi datanya secara satu persatu, dan Alhamdulilah berjalan dengan baik berkat sinergitas, dan koordinasi, dan kerjasama yang solid dengan para Korwil di wilayahnya masing-masing,” ujar H. Entib

H. Entib menandaskan untuk validasi data ini kira-kira sampai bulan Agustus sudah beres, makanya pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam hal ini melakukan kerja ekstra untuk sosialisasi validasi data ini agar benar-benar update.

Sebelum mengakhiri penjelasannya singatnya pada GrahaBigNews , Kepala Bidang Ketenagaan, Pengembangan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kabupaten Garut berharap, agar seluruh Guru di tiap Kecamatan melalui Korilnya masing-masing sudah benar-benar melakukan validasi datanya, sehingga cepat terjadi sinkronisasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut sampai benar-benar tertib dalam peng-updatetannya.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *