Kwarran Cibiuk Usai Gelar Perjusami Di HUT Pramuka ke-61 Bertema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kwarran Cibiuk Usai Gelar Perjusami Di HUT Pramuka ke-61 Bertema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar (foto istikewa-grahabignewscom)

Garut – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-61 di seluruh Indonesia merayakannya dengan berbagai kegiatan, termasuk di Kabupaten Garut dimana Wakil Bupati Kabupaten Garut selaku Kwartir Cabang (Kwarcab) pada kegiatan Ikut Serta Jambore Nasional (ITA JAMNAS) beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Cilawu, pernah menandaskan bahwa Pramuka adalah insan yang cerdas yang bisa menghadapi keadaan apapun, tantangan apapun yang kita hadapi.

Demikian halnya dengan Kwarran Cibiuk usai melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) pada tanggal 12-14 Agustus 2022 di lapangan Alun-Alun Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut, dan hal itu dijelaskan oleh Ibu Sartikah, S.Pd., SD selaku Ketua Pelaksana pada kegitan tersebut pada GrahaBigNews, Rabu (17/08/2022).

Kwarran Cibiuk Usai Gelar Perjusami Di HUT Pramuka ke-61 Bertema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar (foto istikewa-grahabignewscom)

Ibu Sartikah mengatakan, bahwa acara dihadiri langsung oleh Ketua Harian Kwarcab Pramuka Garut, Kak Usep Basuki Eko sekaligus sebagai pembina upacara. Dihadiri pula oleh para Mabiran, Mabigus dan Pembina dari semua pangkalan di Kwarran Cibiuk.

“Upacara HUT Pramuka Kwarran Cibiuk berupa Perkemahan Jumat, Sabu dan Minggu ini, diikuti oleh 27 pangkalan dengan jumlah personil 540 peserta, 18 personil pengibar bendera di bawah pimpinan Eka Aldiana dan Adnan dari pangkalan MDI ( Ma’had Darul Ikhlas),” ungkap Ibu Sartikah.

Kwarran Cibiuk Usai Gelar Perjusami Di HUT Pramuka ke-61 Bertema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar (foto istikewa-grahabignewscom)

Selain itu lanjutnya, kami juga melibatkan beberapa tim pada kegiatan tersebut diantaranya 1 tim paduan suara dari pangkalan IT Alhawari di bawah pimpinan Risa, 1tim pengucap naskah dari beberapa pangkalan, dan 1 tim DKR dan 1 tim panitia.

“Dalam sambutannya Kak Usep Basuki Eko selain memberikan apresiasi juga mengatakan bahwa dirinya memberikan respon positif terhadap kegiatan Perjusami Kwarran Cibiuk, dan  beliau berharap dari kegiatan ini muncul generasi bangsa yang berkarakter, serta dari kwaran cibiuk muncul atlet-atlet nasional asal Kabupaten Garut terutama atlet paralayang,” ujarnya.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Garut, Kak Usep Basuki Eko sekaligus sebagai pembina upacara (foto istimewa-grahabignews.com)

Selaku Ketua Pelaksana, Ibu Kepsek SDN 3 Cipareuan Kecamatan Cibiuk ini menjelaskan terkait tujuan dilaksanakannya kegiatan Perjusami dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-61, yaitu untuk meningkatkan mutu gerakan Pramuka dalam rangka revitalisasi pramuka.

Tujuan berikutnya yaitu untuk memotivasi setiap Gudep, mengamalkan nilai nilai perjuangan berdasarkan Pancasila, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat bangsa dan Negara serta realisasi program kegiatan gerakan Pramuka tingkat Kwartir Ranting.

Ibu Sartikah bersama Mabiran, Mabigus, Usep Basuki Eko, dan dan Pembina pangkalan di Kwarran Cibiuk. (foto istimewa-grahabignews.com)

Motto dalam kegiatan ini adalah My scouting, your scouting, our scouting yes. Dengan tema” Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar,” jelasnya.

Ketika disinggung GrahaBigNews terkait situasi dan kondisi ketika pelaksanaan kegiatan tersebut, Ibu Sartikah menandaskan bahwa kegiatan cukup kondusif, aman dan terkendali.

“Hanya satu masalah yang dihadapi, yaitu masalah air untuk memenuhi kebutuhan peserta perkemahan. Untuk itu saya  berharap Pemerintah bisa mempasilitasi dengan pengadaan sumber air yang memadai, sehingga jika ada kegiatan lain dalam kepramukaan dan melakukan perkemahan masalah tersebut sudah bisa diatasi,”pungkas Ibu Sartikah.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *