Ucap Ulang Janji Pramuka Di Gerakan Pramuka Ke-61 Kwarran Banyuresmi Kab. Garut Syarat Makna dan Berbagai Penghargaan

Share posting

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd

Ucap Ulang Janji Pramuka Di Gerakan Pramuka Ke-61  Kwarran  Banyuresmi Kab. Garut Syarat Makna dan Berbagai Penghargaan (foto oleh @wan.riswandi-grahabignews.com)

Garut – Bertempat di Marina Situ Bagendit, Kamis (25/08/2022), Gerakan Pramuka Kwartir  Ranting  Banyuresmi, tingkat Kwartir  Ranting Banyuresmi usai dilaksanakan upacara “Ucap Ulang Janji Pramuka ke-61” masih dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-61.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Camat Bayuresmi Drs. Hj. Eti Nurul Hayati,M.Si., selaku Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Banyuresmi. Penanggung Jawab ketua Kwaran Kecamatan Banyuresmi, Agus Suryana S.Pd.I., Ketua panitia Ahmad Rosad Nurdin, S.Pd.I., M.Gb. Pengatur acara, Yogi Suhendar,S.Pd., Andalan Kwaran Banyuresmi.

Pemimpin upacara Rizki Muhamad Fahri, pramuka penegak dari gudep pangkalan SMAN 25 Garut, pemimpin pasukan paling kanan, Alimudin Al-Ghajali pramuka penegak dari gudep pangkalan SMK Maarif. Ajudan Pembina upacara, Rifki Al-Gifari pramuka penegak   dari gudep pangkalan MA Karyamuda. Pasukan pengibar bendera merah putih, pasukan tunas muda Pramuka Kesatria Banyutaruna Kwaran Banyuresmi.

Pengucap pembukaan UUD 1945, Siti Sopiah Hasnah Adawiah, pramuka penegak dari gudep pangkalan SMK Al-Gifari, pengucap Pancasila Novi Dirgantini, pramuka penegak dari gudep pangkalan  SMK Maarif, pengucap Dasadarma, Ramdani Muhamad Sopian, pramuka penggalang dari gudep pangkalan SMPN 1 Banyuresmi, pengucap Dwidarma, Nayila Azmi, pramuka siaga dari gudep pangkalan SDN 1 Sukasenang.

Pengucap Dwisatya, Muhamad Faqih, pramuka siaga dari   gudep pangkalan SDN 2 Banyuresmi. Pengucap Trisatya penggalang, Salwa Sabani Mardatillah,  pramuka penggalang dari gudep pangkalan MTS Darul Asiqin, pengucap Trisatya Penegak, Pandega dan Pembina, Neng Ira Tri Regnita, pramuka penegak dari gudep pangkalan SMA Maarif. Pembaca do’a, Iwan Abdul Jamal, pramuka penegak dari gudep pangkalan SMA Maarif. Marching band, pramuka penggalang dari gudep pangkalan SMPN 1 Banyuresmi. Serta  Ewin Puji Lestari, pramuka penegak dari gudep pangkalan SMA Maarif sebagai pembawa acara.

Ucap Ulang Janji Pramuka Di Gerakan Pramuka Ke-61  Kwarran  Banyuresmi Kab. Garut Syarat Makna dan Berbagai Penghargaan (foto oleh @wan.riswandi-grahabignews.com)

Upacara  yang diikuti oleh sekitar 600 orang anggota Pramuka tersebut, diantaranya dihadiri oleh perwakilan dari Kwartir Cabang Kabupaten Garut, Kak U. Basuki Eko, S.H.,M.H., unsur forkopimcam, perwakilan pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, mabigus sekecamatan Banyuresmi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pembina upacara Camat Bayuresmi Drs. Hj. Eti Nurul Hayati,M.Si., selaku Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Banyuresmi, yang menyampaikan Sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso pada Peringatan Hari Pramuka ke-61, diantaranya  sebagai berikut : Pada hari ini, 14 Agustus 2022, kita semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai genap berusia 61 tahun.

“Tahun ini pula sekaligus kita memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nimat dan berkah dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka,” ujar Camat Banyuresmi.

Tema utama peringatan Hari Pramuka Ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah ”Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Menurutnya, tema tersebut menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka.

Ucap Ulang Janji Pramuka Di Gerakan Pramuka Ke-61  Kwarran  Banyuresmi Kab. Garut Syarat Makna dan Berbagai Penghargaan (foto oleh @wan.riswandi-grahabignews.com)

“Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ucapnya.

Lanjutnya, hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dlakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyaakat di sekitar tempat tinggal kita.

Lanjut dijelaskannya, semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

Camat Banyuresmi menegaskan, di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Ucap Ulang Janji Pramuka Di Gerakan Pramuka Ke-61  Kwarran  Banyuresmi Kab. Garut Syarat Makna dan Berbagai Penghargaan (foto oleh @wan.riswandi-grahabignews.com)

Masih kata Camat Banyuresmi, saat ini kita masih dalam situasai pandemi Covid-19. dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, Gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal.

“Saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi Covid-19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan,” ungkapnya.

Dalam upacara peringatan Hari Ulang Janji Pramuka ke-61 ini, kwaran Banyuresmi memberikan enam (6) penghargaan berdasarkan hasil musyawarah kwaran, kepada para tokoh Banyuresmi yang telah memberikan dedikasi dan pengabdiannya untuk kemajuan gerakan Pramuka kwaran  Banyuresmi. Pemberian penghargaan tersebut diberikan  kepada : Kak Drs. Yuskandi, M.M.Pd., Kak Atin Sahidin, S.Pd.,SD., Kak Dadang Rahmat, S.Pd.I., Mg., Kak Ombi Sunardi Hamidian, Kak Enang Suryana, S.Pd.I., dan Kak Solih,S.Ag., MM.

Adapun penyerahan penghargaan tersebut di berikan oleh kak Kwarcab/yang mewakili kepada Kak Drs.  Yusnandi,MM., oleh Kak Mabiran kepada Kak Atin Sahidin, S.Pd.,SD., untuk   kak Kapolsek Banyuresmi diberikan kepada Kak Dadang Rahmat, S.Pd.I., Mg., untuk Kak Danramil diserahkan kepada Kak Ombi Sunardi Hamidian, oleh Kak Kwaran Banyuresmi Kak Noeh diberikan kepada Kak Enang Suryana, S.Pd.I., dan oleh  Kak Korwil Pendidikan Kecamatan Banyuresmi diberikan kepada  Solih,S.Ag.MM.,

Sedangkan penetapan juara untuk lomba PBBAB tingkat kwaran Banyuresmi, tingkat penggalang  diraih oleh :  Juara 1. No dada 37 jumlah nilai 6795 pangkalan SDN 1 sukasenang, Juara 2. No  dada 5 jumlah nilai  6765 pangkalan SDN 3 Binakarya, Juara 3. No  dada 14 jumlah nilai 6.170 pangkalan SDN 1 Banyuresmi, Harapan 1. No  dada  17 jumlah nilai 5.955 pangkalan SDN 2 Sukalaksana, Harapan 2.  No dada 30 jumlah nilai 5.955 pangkalan SDN 2 Binakarya , Harapan 3. No dada 9 jumlah nilai 5.810 pangkalan SDN 2 Banyuresmi. Untuk Juara pavorite 1 diraih oleh SDN 1 Sukasenang, Juara pavorite 2. SDN 1 Sukalaksana, Juara pavorite 3. SDN 3 Banyuresmi.

Juara Danton 1 SDN 1 Sukasenang, Juara Danton 2 SDN 1 Sukasenang, Juara Danton  3 SDN 2 Cipicung. Danton  terbaik 3 no dada 22 jumlah 2.700, pangkalan SDN 2 Cipicung, danton terbaik 2 no dada 29 jumlah  2.760 pangkalan SDN 1 Sukasenang, danton terbaik 1 no dada 37 jumlah 3.035, pangkalan SDN 1 Sukasenang. Paporit 3 no dada 40 jumlah 4.700, pangkalan SDN 3 Banyuresmi, paporit 2 no dada 23 jumlah 4.725, pangkalan SDN 1 Sukalaksana, paporit 1 no dada 29 jumlah 4.875, pangkalan SDN 1 Sukasenang.

Juara 1, 2 dan 3,selain mendapat tropy dan piagam, juga mendapatkan  uang pembinaan dari  ketua PGRI dan ketua kwaran. Juara 1 Rp. 1.000.000,- juara 2 Rp. 500.000,- juara 3 Rp.  300.000,-

Pantauan GrahaBigNews, selama kegiatan berlanggsung Alhamdulillah berjalan dengan tertib, aman, lancar dan kondusif.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *