Bupati Garut Berharap Penguatan dan Pembinaan PKBM Lebih Tingkatkan Minat Belajar Masyarakat

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Bupati Garut Berharap Penguatan dan Pembinaan PKBM Lebih Tingkatkan Minat Belajar Masyarakat (foto oleh Danur-grahabignews.com)

Garut – Usai memberikan sambutan pada acara pembinaan dan penguatan bagi PKBM yang dilaksanakan di Hotel Harmoni Jalan Cipanas, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan pada GrahaBigNews menjelaskan, bahwa kehadirannya adalah melakukan pembinaan terhadap Lembaga PKBM se-Kabupaten Garut, dan hal ini nantinya terkait BOP akan ditingkatkan dengan anggaran dari Pemda Garut, Senin (12/09/2022).

Hal itu lanjutnya guna meningkatkan minat belajar di masyarakat.

Disinggung GrahaBigNews, terkait harapan dari kegiatan ini, Rudy menjelaskan hal itu nanti dikomunikasikan antara pihak BAPPEDA dengan Kadisdik.

Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Moch. Yusuf (foto oleh Danur-grahabignews.com)

Senada dengan Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Moch. Yusuf bahwa pada kkegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan lembaga PKBM yang telah berjalan dan di kuatkan langsung  oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunwan  supaya nanti PKBM lebi tertata tata kelolanya lagi baik lembaga, tutor dan lainnya.

“Tentu dengan hadir langsung, maka Bupati bisa membuat kebijakan ke depannya, hal-hal yang menjadi kendalanya apa saja dan kebutuhannya,’ ungkap Yusuf.

Menurutnya, bahwa respon Bupati sangat bagus sekali, dan mendukung karena Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM sama seperti formal karena banyak menghasilkan setara ijazah. Banyak dinakan RT, RW, ataupun Kades, dan masyarakat lainnya.

Sedangkan yang masih menjadi Kendala lanjut Yusuf, yaitu terkait sarana dan prasarana yang belum mumpuni, tutor dan lainnya yang perlu pembenahan.

Para peserta dari PKBM se-Kab. Garut yang mengikuti Penguatan dan Pembinaan (foto oleh Neng Dina-grahabignews.com)

“Maka dari pihak BAPPEDA juga hadir pada kegiatan ini supaya nanti merespon apa saja keluhana-keluhan kita,” ujarnya.

Acara ini kata Yusuf  dihadiri oleh Bupati, BAPPEDA, Inspektorat, Kepala Dinas Pendidikan, Kabid SD, Kasi Kurikulum, Kasi Dikmas dan staf jajaran Dinas Pendidikan, serta para Ketua Lembaga PKBM.

Dirinya berharap, kedepan PKBM lebih maju dan lebih tertata lagi dan untuk anggarannya mudah-mudahan ada penambahan.

Sebelum menakhiri penjelasan singkatnya, ketika disinggung kalau issue PKBM akan dibubarkan, ditandaskan Yusuf hal itu tidak dibahas karena masalah PKBM itu adalah satu bentuk layanan pendidikan non formal.

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *