SAKIP Desa di Kecamatan Sumedang Selatan Harus Terus Digenjot

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

SAKIP Desa di Kecamatan Sumedang Selatan Harus Terus Digenjot (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang –  Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir meminta capaian SAKIP Desa di Kecamatan Sumedang Selatan agar terus digenjot. Pasalnya, meski SAKIP Kecamatan sudah mendapat predikat BB, namun SAKIP Desa-nya belum memperoleh nilai maksimal.

“SAKIP Kecamatan Sumedang Selatan Tahun 2020 mendapat B dan Tahun 2021 BB. Itu sudah bagus. Tapi SAKIP Desa yang B di Sumedang Selatan baru Desa Sukajaya yang lain belum B,” kata Dony, kepada Grahabignews pada acara pembinaan SAKIP Kecamatan Sumedang Selatan, yakni di GOR Tadjimalela, Senin (31/10/2022).

“SAKIP itu bagaimana tata kelola Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan harus berorientasi hasil dan berbasis kinerja,” tuturnya.

Dikatakannya, setiap rupiah yang dikeluarkan dan kegiatan yang telah dibuat berdampak harus membidik penyelesaian permasalahan kemiskinan, stunting, kesejahteraan masyarakat dan peningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Setiap program yang dibuat harus berdampak langsung kepada masyarakat. Program kita itu banyak sehingga harus mempunyai kemampuan menetapkan program prioritas mana saja yang paling berdampak,” ungkapnya.

Bupati juga menekankan kepada para peserta akan pentingnya inovasi yakni membuat cara-cara baru yang kreatif di samping mengajak menjaga kekompakan.

“Mari luruskan niat kita sebagai aparatur pemerintah. Layani rakyat dengan baik, GERCEP (Gerak Cepat), GEBER (Gerak Bersama), dan GASPOL (Garap Potensi Online) seperti e-Sakip Desa Wa Kepo, e-Office Desa. Manfaatkan semuanya. Kemudian Jampe Harupat, semuanya harus difungsikan dengan baik,” pungkasnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *