Dharma Wanita Persatuan Kab. Garut Diharapkan Memberikan Support Terhadap Suami

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Perayaan HUT DWP ke-23 Tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Garut, Kecamatan Garut, Kabupaten Garut, Selasa (20/12/2022). (Foto : Nindi Nurdiyanti, M. Azi Zulhakim, & Deni Seftiana/Diskominfo Garut-.grahabignews.com)

Garut – Bupati Garut, Rudy Gunawan, menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (20/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Garut menyampaikan jika selama kurang lebih 9 tahun memimpin Kabupaten Garut, pihaknya telah memberikan banyak kebijakan, salah satunya yakni terkait dengan kenaikan tunjangan kinerja daerah (TKD) yang bisa dirasakan oleh ibu-ibu istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam DWP Kabupaten Garut.

Rudy mengatakan jika pihaknya selaku kepala daerah selalu memperhatikan kesejahteraan para pegawai khususnya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Apalagi, ia menilai jika kesejahteraan tersebut akan meningkatkan kinerja yang baik dari seorang pegawai.

“Dan tentu kami memperhatikan selaku kepala daerah (terkait) kesejahteraan, karena kesejahteraan itu akan meningkatkan kinerja yang baik, oleh sebab itu saya berharap Dharma Wanita Persatuan memberikan support terhadap suami,” ujar Bupati Garut.

Ia juga berharap DWP Kabupaten Garut visa terlibat dan turut membantu dalam kegiatan sosial yang sedang dilakukan oleh Pemkab Garut. Terlebih, imbuh Rudy, tahun depan akan dilaksanakan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di masyarakat dengan melibatkan istri-istri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut.

“Saya mohon ke depan Dharma Wanita ini turut membantu untuk kegiatan sosial, tahun depan akan ada kegiatan 5 (perbaikan rutilahu) per kecamatan yang akan dikelola nanti bersama-sama oleh istri-istri daripada Forkopimda sebagai pendamping untuk rumah tidak layak huni, pemerintah daerah memberikan anggaran 15 juta untuk rumah tidak layak huni nanti didampingi, jadi ibu-ibu yang menggunakan seragam (DWP) ini berbaur mengunjungi orang-orang yang kesulitan di daerah,” harapnya.

Sementara itu, Penasehat DWP Kabupaten Garut, Diah Kurniasari Rudy Gunawan, bersyukur pelaksanaan HUT DWP ke-23 tingkat Kabupaten Garut bisa berjalan lancar. Ia mengajak anggota DWP sebagai istri seorang ASN untuk mensupport suami, apalagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini merupakan salah satu profesi terpandang di masyarakat.

“(Pesannya) kita sebagai istri paling tidak kita selalu men-support suami kita, jangan membuat pusing seperti itu ya, apalagi ini seorang PNS ini jabatan yang sangat terpandang diantara masyarakat, seperti kata Pak Bupati jadi kita harus menjaga kewibawaan kita sebagai istri DWP khususnya di Kabupaten Garut menjadi istri seorang ASN,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DWP Kabupaten Garut, Lina Nurdin Yana, menuturkan jika acara hari ini merupakan acara puncak dari peringatan HUT DWP ke-23.

Ia menjelaskan, sebelum acara puncak, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh DWP Kabupaten Garut seperti bakti sosial (baksos) di lokasi program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS), pelaksanaan lomba pidato antar ketua DWP kecamatan dan SKPD, lomba line dance hingga lomba e-reporting.

Untuk kegiatan baksos di lokasi P2WKSS tepatnya di RW 15 dan RW 16 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, imbuh Lina, pihaknya memberikan bantuan berupa pemberian alat kesehatan yakni alat pengukur tinggi badan dan berat badan, pemberian makanan tambahan bagi balita stunting, hingga melaksanakan bazzar murah.

Ia berharap dengan adanya momentum HUT DWP ke-23 ini, para anggota DWP bisa mendukung suami dalam bekerja dan tidak ikut campur dalam masalah pekerjaan suami.

“Jadi dukunglah suami karena suami kita siapa lagi kalau bukan kita (sebagai) istri yang mendukung suami,” tandasnya.

Perayaan HUT DWP ke-23 Tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Garut, Kecamatan Garut, Kabupaten Garut, Selasa (20/12/2022). (Foto : Nindi Nurdiyanti, M. Azi Zulhakim, & Deni Seftiana/Diskominfo Garut-.grahabignews.com)

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan penyerahan hadiah bagi DWP Kecamatan maupun SKPD berprestasi hingga penyerahan bantuan kepada SLB YKB Garut. Berikut daftar pemenangnya :

  1. Juara Lomba Pidato antar Ketua DWP SKPD

– Juara 1 Nining Dodi dari DWP BPS

– Juara 2 Sri Aja dari DWP Perumda Tirta Intan

– Juara 3 dr. Eka Jujun dari DWP DLH

– Harapan 1 Susilawati Totong dari DWP Dispusip

– Harapan 2 Ai Rosita Bambang dari DWP Satpol PP

– Harapan 3 Rina Achmad dari DWP Disperkim

  1. Juara Lomba Pidato antar Ketua DWP Kecamatan

– Juara 1 Riska Fafmi dari DWP Kecamatan Cisompet

– Juara 2 Dewi Sofyan dari DWP Kecamatan Sukaresmi

– Juara 3 Erni Dadang dari DWP Kecamatan Singajaya

-Harapan 1 Rina Bambang dari DWP Kecamatan Banjarwangi

– Harapan 2 Asri Heri dari DWP Kecamatan Limbangan

– Harapan 3 Yeni Aliyyudin dari DWP Kecamatan Leles

  1. Juara Line Dance

– Juara 1 DWP Dispora

– Juara 2 DWP Kecamatan Cisewu

– Juara 3 DWP Disdik

– Harapan 1 DWP Disperkim

– Harapan 2 DWP Setda

– Harapan 3 DWP DLH

– Juara Favorit DWP Kecamatan Samarang

  1. Juara e-Reporting DWP SKPD Tahun 2022

– Juara 1 DWP Setda dengan 445 laporan

– Juara 2 DWP DPMPTSP dengan 437 laporan

– Juara 3 DWP Disdukcapil dengan 368 laporan

  1. Juara e-Reporting DWP Kecamatan Tahun 2022

– Juara 1 DWP Kecamatan Pasirwangi dengan 129 laporan

– Juara 2 DWP Kecamatan Limbangan dengan 95 laporan

– Juara 3 DWP Kecamatan Pangatikan dengan 61 laporan

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *