Satuan Narkoba Polres Garut Ungkap Dugaan Penanaman Pohon Ganja

Share posting

Oleh: Agung Gunawan

Satuan Narkoba Polres Garut Ungkap Dugaan Penanaman Pohon Ganja. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Garut – Satuan Fungsi Narkoba Polres Garut mengungkap dugaan penanaman pohon Ganja, di kecamatan Leles Kabupaten Garut.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, S.H., S.I.K. menyampaikan, pengungkapan penanaman pohon ganja ini berkat kerja keras satuan fungsi Reskrim Narkoba Polres Garut yang dipimpin AKP Jimie Ridwan Sihitie, SH.,

“Saya sangat mengapresiasi kinerja anggota Narkoba dan untuk selanjutnya kami akan terus mengembangkan penyelidikan ini semaksimal mungkin sampai tuntas,” tutur Kapolres.

Disamping Kapolres Garut pada saat mendatangi tempat kejadian perkara Hadir pula Waka Polres Garut, Kasat Narkoba Polres Garut, Kapolsek Leles berikut anggota satuan fungsi Narkoba Polres Garut.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Pengungkapan kasus ini dimulai pada hari Senin 30 Januari 2023 dengan tempat kejadian perkara di Kampung Kelepu Jajar Desa Cangkuang Kec. Leles Kab. Garut, berdekatan dengan tempat Wisata Situ Cangkuang.

Berawal dari Satuan Narkoba Polres Garut, mengamankan 2 (dua) orang laki – laki yang mengaku bernama AC dan A, pada waktu dilakukan penggeledahan terhadap keduanya ditemuan 1 (satu) paket daun ganja kering dan 1 (satu) paket tembakau sintetis serta 3 (tiga) lintingan campuran daun ganja kering dan tembakau sintetis.

Selanjutnya dari hasil pengembangan penyelidikan terhadap saudara AC ditemukan tempat penanaman pohon ganja yang ditanamnya sendiri untuk di konsumsi sendiri dan juga untuk diedarkan.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Dari hasil pengungkapan kasus ini penyidik mengamankan barang bukti dari saudara AC berupa 167 batang pohon dan benih yang diduga pohon ganja, 1 paket narkotika yang diduga ganja kering dengan berat kotor 11,05 gram dan 1 pack plastik klip bening

Sementara dari saudara A barang bukti yang ditemukan 1 paket narkotika yang diduga Tembakau Sintetis dengan berat kotor 4,65 gram dan 3 Lintingan campuran narkotika yang diduga daun ganja kering dan tembakau sintetis yang menyerupai rokok dengan berat kotor 2,89 gram berikut 1 buah HP.

Atas perbuatannya tersebut tersangka dikenakan pasal 111 ayat (1), (2) Jo Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 4 tahun paling lama 20 tahun bahkan bisa sampai seumur hidup.

Kapolres Garut yang didampingi kasat Narkoba Polres Garut AKP Jimie Ridwan Sihitie mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalahgunakan narkotika, obat-obatan terlarang atau segala sesuatu yang melanggar hukum, kami akan bertindak tegas. Terhadap segala perbuatan yang melanggar hukum dan mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *